SOLOPOS.COM - Bupati Sleman Sri Purnomo saat melakukan sidak di RSUD Sleman, Senin (11/7/2016). (Abdul Hamid Razak/JIBI/Harian Jogja)

Keberadaan koperasi tersebut dinilai berperan besar dalam meningkatkan perekonomian masyarakat.

Harianjogja.com, SLEMAN– Jumlah koperasi di Sleman tercatat 654 koperasi dengan anggota 281.027 orang. Keberadaan koperasi tersebut dinilai berperan besar dalam meningkatkan perekonomian masyarakat.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Bupati Sleman Sri Purnomo mengatakan, untuk mewujudkan koperasi yang baik dan mampu berperan dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat tergantung pada profesionalitas para anggota dan pengurusnya. Menurutnya para pengurus dan anggota koperasi perlu terus melakukan inovasi dan kreatifitas untuk mengembangkan usaha dan program yang berorientasi pada kesejahteraan anggota.

“Jangan terjebak untuk mengejar keuntungan bagi pengurus koperasi tetapi seluruh anggotanya. Masing-masing koperasi dapat bersaing secara sehat termasuk dengan lembaga keuangan lainnya,” kata Sri dalam acara Rapat Anggota Tahunan (RAT) KPRI – KP2KS Sleman di Gedung Serba Guna Denggung Sleman, Rabu (22/2).

Hingga kini, jumlah aset seluruh koperasi di Sleman lebih dari Rp 1,1 triliun. Adapun sisa hasil usaha (SHU) yang terkumpul dan dibagikan anggota sebesar Rp32,2 miliar. Kondisi tersebut dinilai meningkat 11% dari tahun sebelumnya. “Untuk dapat bersaing, koperasi perlu menetapkan bunga pinjaman yang kompetitif bahkan lebih rendah dibanding lembaga keuangan lainnya. Termasuk penentuan harga yang ditawarkan bisa lebih murah dibanding harga-harga di luar,” usulnya.

Sri Purnomo berharap KPRI – KP2KS dapat terus meningkatkan profesionalismenya dalam mengelola badan usaha tersebut. Tidak hanya sebagai upaya dalam mengembangkan KPRI – KP2KS namun juga untuk meningkatkan profesionalisme. Kondisi tersebut dapat menjadi magnet bagi anggota baru untuk bergabung dan dapat terus berupaya melakukan ekspansi usaha,” kata Sri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya