Kopek, Cara Lain Satlantas Wonogiri Tindak Pelanggar Lalu Lintas

Kopek menggunakan kamera aksi atau action camera yang diletakkan di bagian atas helm petugas.

Rudi Hartono - Solopos.com
Selasa, 11 Januari 2022 - 21:54 WIB

SOLOPOS.COM - Petugas menunjukkan helm yang dilengkapi Kamera Portabel Penindakan Pelanggaran Kendaraan Bermotor (Kopek) di Markas Satlantas Polres Wonogiri, 2021 lalu. (Solopos.com/Rudi Hartono)

Solopos.com, WONOGIRI—Guna menekan kasus kecelakaan lalu lintas (lakalantas), Satlantas Polres Wonogiri akan meningkatkan penindakan terhadap pelanggar lalu lintas pada 2022 ini.

Selain dengan penindakan di tempat, polisi akan mengoptimalkan penindakan berbasis kamera pengawas atau electronic traffic law enforcement (ETLE) yang terpasang di persimpangan, dan penindakan menggunakan Kamera Portabel Penindakan Pelanggaran Kendaraan Bermotor (Kopek) yang terpasang di helm petugas.

“Penindakan dengan Kopek juga efektif. Penindakan ini kami lakukan hingga ke wilayah-wilayah. Tahun lalu bisa mencapai 100 penindakan per hari. Tahun ini penindakan dengan Kopek akan dioptimalkan lagi,” ujar Kepala Satlantas (Kasatlantas) Polres Wonogiri, AKP Marwanto, mewakili Kapolres Wonogiri, AKBP Dydit Dwi Susanto, saat dihubungi Solopos.com, Senin (10/1/2021).

Baca Juga: Siap-Siap, Satlantas Wonogiri Intensifkan Tindak Pelanggar Lalu Lintas

Kopek menggunakan kamera aksi atau action camera yang diletakkan di bagian atas helm petugas. Petugas memakai helm berkamera saat berpatroli di wilayah.

Ketika mendapati pelanggaran, petugas mengarahkan pandangan ke arah pelat nomor kendaraan pelanggar agar kamera bisa menangkap gambar pelat nomor. Petugas juga mengingatkan pelanggar agar mematuhi lalu lintas dan memberi informasi bahwa akan ditilang.

Pemberitahuan tilang lalu dikirim ke alamat pemilik kendaraan. Sesampainya di markas, petugas memutar rekaman kamera lalu memproses penilangan berdasar nomor kendaraan yang tertera di pelat nomor.

Baca Juga: Klaten Terapkan Program IP 400, KTNA Minta Kebijakan Khusus Pupuk

Pada tahap awal Maret 2021 lalu, ada lima kamera aksi yang digunakan petugas Satlantas Wonogiri.

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif