SOLOPOS.COM - Kapolres Sragen AKBP Piter Yanottama saat menjelaskan Operasi Keselamatan Lilin Candi 2023 dengan bentuk penindakan tilang manual terhadap sekelompok pria di wilayah Gesi, Sragen, kepada wartawan di Mapolres Sragen, Kamis (9/2/2023). (Solopos.com/Tri Rahayu)

Solopos.com, SRAGEN — Tim Satuan Lalu Lintas (Satlantas) dibantu Tim Bagian Operasional Polres Sragen memberi tilang segerombolan pria di wilayah Kecamatan Gesi, Kabupaten Sragen, Kamis (9/2/2023). Tilang manual itu diberikan polisi saat berpatroli bersama dan melihat pelangaran lalu lintas secara kasat mata oleh sekelompok pria tersebut.

Mereka kebanyakan masih remaja. Jumlah mereka sekitar 30 orang. Setelah ditelisik ternyata mereka berasal dar luar Sragen, seperti dari Grobogan, dan Blora. Motor mereka sebagian disita di Mapolres Sragen karena menggunakan knalpot tidak standar.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Ya, tadi banyak knalpot brong maka kami tilang. Ada juga yang tidak memakai helm maka kami tilang juga. Mereka itu masih remaja yang mudah terprovokasi oleh media sosial. Polisi datang memberi pemahaman dan akhirnya mereka pun kembali,” ujar Kapolres Sragen, AKBP Piter Yanottama, saat ditemui wartawan di Mapolres.

Kapolres menyampaikan tindakan pemberian tilang itu merupakan bagian dari Operasi Keselamatan Lilin Candi 2023 yang digelar Satlantas Polres Sragen mulai 7-20 Februari 2023. Penindakan terhadap pelanggaran lalu lintas ini sebenarnya lebih mengedepankan lewat electronic traffic law enforcement atau ETLE. Selain optimalisasi ETLE, kata Piter, polisi juga mengintensifkan patroli keliling.

Motor yang disita polisi bisa diambil kembali selama knalpotnya diganti dengan yang standar. Kapolres mengajak  warga Sragen untuk ikut menyukseskan Operasi Keselamatan Lilin Candi 2023. operasi ini digelar untuk mengedukasi dan meningkatkan kesadaran bagi seluruh warga agar mengedepankan keselamatan dalam berlalu-lintas.

Dengan operasi ini, Kapolres berharap saat digelar Operasi Ketupat Candi menjelang Lebaran nanti masyarakat sudah sadar berlalu lintas sehingga prinsip keselamatan dipegang masyarakat saat mudik. “Dengan demikian mudik itu bisa aman, nyaman, tertib, dan lancar,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya