SOLOPOS.COM - Ketua DPR periode 2009-2015 Marzuki Alie (JIBI/Solopos/Antara/Rosa Panggabean)

Solopos.com, MEDAN Kendati sejumlah politisi yang mengumbar janji antikorupsi belakangan terjaring Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), politisi lain tak ragu mengumbar janji serupa. Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Marzuki Alie yang kini tengah mengikuti konvensi calon presiden Partai Demokrat bahkan menegaskan siap dihukum mati jika kelak terbukti melakukan tindak pidana korupsi.

Kesiapan menjalani hukuman mati jika ia nantinya dipercaya rakyat menjadi presiden dan terbukti korupsi tersebut disampaikan Marzuki Alie dalam debat terbuka peserta Konvensi Calon Presiden dari Partai Demokrat di halaman Istana Maimun Medan, Rabu (22/1/2014) malam. “Kalau saya korupsi, satu peti mati untuk saya,” tegasnya.

Promosi Kisah Inspiratif Ibru, Desa BRILian Paling Inovatif dan Digitalisasi Terbaik

Menurut Marzuki, kesiapan untuk dihukum mati jika melakukan tindak pidana korupsi merupakan wujud sikap tegasnya atas perbuatan yang merugikan keuangan negara. Sikap tegas tersebut juga akan diberlakukan bagi jajarannya, terutama pejabat di kementerian jika dipercaya menjadi Presiden RI dalam Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2014.

Ekspedisi Mudik 2024

Selain kesiapan untuk dihukum mati, Marzuki Alie juga berjanji mengundurkan diri dari jabatannya jika kelak diketahui ada anggota kabinetnya yang terlibat praktik korupsi. “Kalau menteri saya korupsi, saya akan mundur,” tegasnya.

Politisi Partai Demokrat tersebut juga berjanji akan bertindak tegas terhadap anggota kabinetnya jika menemukan praktik korupsi yang dilakukan pejabat di kementerian. “Kalau di bawahnya korupsi, menteri yang bersangkutan akan diberhentikan,” ujar Marzuki.

Menurut Marzuki Alie, ketegasan terhadap praktik korupsi semacam itu merupakan bukti keteladanan yang diperlukan dalam kehidupan berbangsa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya