Kontroversi MSG, Berbahaya atau Tidak untuk Tubuh?

Secara fisik, MSG hampir mirip dengan gula atau garam karena memiliki warna putih.

 Kontroversi MSG. (Ilustrasi/Freepik)

SOLOPOS.COM - Kontroversi MSG. (Ilustrasi/Freepik)

Solopos.com, SOLO-Monosodium glutamat (MSG) atau micin kerap kali menjadi bahan kontroversi berbagai kalangan karena dianggap memberikan efek buruk bagi tubuh. Karena itu tak sedikit orang tua melarang anak-anak mereka mengonsumsi makanan ringan yang ditengarai memiliki kandungan tinggi bahan kimia ini.

Dengan adanya konstroversi ini, masyarakat pun bertanya-tanya, MSG sebenarnya berbahaya atau tidak untuk tubuh? Yuk, cari tahu jawabannya.

MSG atau micin sangat populer menjadi bahan tambahan makanan untuk memperkuat rasa masakan. MSG merupakan turunan dari asam glutamat yang banyak tersedia di alam. Asam glutamat merupakan salah satu asam amino non-esensial yang dapat diproduksi sendiri oleh tubuh. Senyawa ini memiliki banyak manfaat bagi tubuh dan hampir ditemukan disemua jenis makanan.

Baca Juga: Meski Pakai Masker, Empat Riasan Mata Ini Bisa Bikin Terlihat Cantik

Secara fisik, MSG hampir mirip dengan gula atau garam karena memiliki warna putih. Asam glutamat dalam MSG buatan diproduksi melalui fermentasi pati dan tidak ada bedanya secara kimia dengan MSG yang terdapat di makanan alami.  MSG meningkatkan rasa gurih dan umami dari makanan. Umami adalah rasa dasar kelima, bersama dengan asin, asam, pahit dan manis.

Zat aditif ini populer dalam masakan Asia dan digunakan dalam berbagai makanan olahan di Barat. Rata-rata asupan harian MSG di AS dan Inggris adalah 0,55-0,58 gram, sedangkan di Jepang dan Korea adalah 1,2-1,7 gram. Asam glutamat memiliki peran sebagai neurotransmitter di otak yang akan merangsang sel-sel saraf untuk menyampaikan sinyalnya.

Kekhawatiran akan MSG sudah berlangsung lama sejak 1969. Melansir dari Healthline, sebuah penelitian menemukan bahwa menyuntikkan MSG dengan dosis yang cukup besar pada bayi tikus yang baru lahir dapat menyebabkan efek neurologis yang berbahaya. Sementara itu, buku yang ditulis oleh Russel Blaylock Excitotoxins: The Taste That Kills menjadi pengingat yang menakutkan akan kehadiran MSG.

Baca Juga: Ustaz Subki Pastikan Lesti Kejora Hamil Setelah Menikah Siri

Mengutip laman Bisnis.com, Rabu (22/9/2021), berdasarkan penelitian, kenaikan aktivitas glutamat di otak dapat memicu kerusakan. Dosis MSG yang terlalu banyak dapat meningkatkan kadar glutamat dalam darah. Penelitian mengungkapkan sampai saat ini belum ada bukti yang kuat bahwa MSG dapat bersifat eksitotoksin ketika dikonsumsi pada jumlah yang normal.

Batas dosis yang dapat menyebabkan gejala sekitar 3 gram per makanan. Namun, perlu diingat bahwa 3 gram adalah dosis yang sangat tinggi. Belum dapat dipastikan mengapa dapat terjadi, namun beberapa peneliti memiliki spekulasi bahwa dosis besar memungkinkan asam glutamat melewati penghalang antara darah dan otak. Asam glutamat kemudian berinteraksi dengan neuron dan menyebabkan pembengkakan dan cedera otak.

Baca Juga:  Viral Niat Piknik Asyik di Pinggir Pantai, Malah Berakhir Panik

Sementara itu, beberapa penelitian menunjukkan bahwa MSG dapat mengurangi asupan kalori, sedangkan yang lain mengklaim bahwa itu meningkatkan asupan. Jika anda memiliki alergi dan sensitif terhadap MSG sebisa mungkin menhindari konsumsinya meskipun rasanya sangat lezat. Selain itu, meski anda tidak sesitif, MSG kerap ditemukan pada makanan olahan yang berkualitas rendah sehingga harus dibatasi.

 


Berita Terkait

Berita Terkini

Ealah! Emak-Emak Ini Tolak Pesanan Paket COD Gegara Tak Punya Uang

Seorang kurir perempuan mendapat penolakan saat mengantarkan paket kepada pembeli dengan alasan tidak punya uang.

Profil Sukmawati Soekarnoputri, Ibunda Paundra yang Pindah Agama Hindu

Ini dia sederet profil menarik dari Sukmawati Soekarnoputri, adik Megawati Soekarnoputri yang pindah agama Hindu.

Doa dan Amalan Jika Mengalami Kesulitan Keuangan, Biar Rezeki Lancar

Berikut ini terdapat doa beserta amalannya ketika mengalami kesulitan keuangan biar rezeki selalu diberi kelancaran menurut NU.

Muncul Jerawat di Payudara, Perlukah Diwaspadai?

Jerawat tak hanya ditemukan di wajah dan punggung, melainkan juga bisa muncul di payudara atau sekitar puting.

Muncul Jerawat di Kelamin, Bagaimana Bedakan dengan Herpes Genital?

Lalu, bagaimana cara membedakan apakah benjolan merah yang muncul di alat kelamin itu benar-benar jerawat atau herpes genital?

Viral Video Pria Punya 26 Anak, Warganet: Istrinya Kuat!

Usut punya usut, ternyata almarhum pria yang memiliki 26 anak ini diketahui memiliki dua istri.

Ini Hari yang Bagus Berhubungan Suami Istri Menurut Islam, Malam Jumat?

Bukan hanya malam Jumat, lalu hari apa saja yang bagus untuk suami istri berhubungan intim menurut Islam?

Kronologi Pembuatan Video Mesum Lele 13 Detik, Pemeran Minta Maaf

Pemeran video mesum lele 13 detik memberikan klarifikasi dan menyampaikan permintaan maaf.

Klarifikasi Lele PUBG Soal Video Mesum 13 Detik, Turuti Keinginan Pacar

Perempuan pemilik akun PUBG bernama Lele memberi klarifikasi terkait video mesum dirinya dan menyebut sang pacar yang memintanya mengirim video itu.

Sempat Viral, Oknum Polantas Pacaran Naik Mobil PJR Adik Ipar Ahok

Di medsos beredar narasi bahwa anggota Polantas pacaran naik mobil PCR itu berani melakukan pelanggaran karena iparnya seorang pejabat.

Kreativitas Menggambar Bersama AnaKrea Mengisi Waktu Selama Pandemi

Melalui Program AnaKrea "Ayo Menggambar", mereka dapat menggambar sesuai imajinasi yang mereka pikirkan.

Semangat Berkarya Meski di Rumah Aja Bersama AnaKrea

Masa pandemi tentu bukan penghalang bagi adek-adek yang bersekolah di PAUD/TK untuk tetap berkarya. Melalui Program AnaKrea, mereka tetap bisa berkarya melalui kegiatan mewarnai

7 Mitos Weton Lahir Pada Hari Wage, Nomor 5 Bikin Bahagia

Inilah 7 mitos weton seseorang yang lahir pada hari Wage.

Siapa Lele PUBG Gamers, Wanita Cantik Terlibat Video Mesum 13 Detik?

Viral wanita cantik terseret dalam kasus video mesum 13 detik, siapa sebenarnya Lele, gamers online PUBG?

Doa Mengusir Ular dari Rumah Menurut Islam, Plus Latin dan Artinya

Berikut ini terdapat doa mengusir ular dari rumah jika hewan tersebut masuk ke kediaman Anda menurut ajaran Islam. Dilengkapi latin dan artinya.

Tak selalu Buruk, Nasi Putih Ternyata Bermanfaat untuk Tubuh

Nasi putih adalah sumber karbohidrat utama yang menjadi makanan pokok di banyak negara, terutama Indonesia.