KONTROVERSI KAFE PUTRA JOKOWI : Gibran Dituding Gemar Pakai Simbol Dajjal

KONTROVERSI KAFE PUTRA JOKOWI : Gibran Dituding Gemar Pakai Simbol Dajjal

SOLOPOS.COM - Meme simbol Dajjal (Istimewa)

Kontroversi Kafe putra Jokowi sedang menjadi buah bibir lantaran dianggap memasang simbol Dajjal.

Solopos.com, JAKARTA – Putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi), Gibran Rakabuming Raka, sedang heboh dibicarakan sejumlah blogger. Gibran dituding menggemari simbol-simbol freemason.

Tudingan ini muncul lantaran Gibran menempatkan simbol mata satu dalam arsitertuk kafe yang dibuatnya di Gendengan, Solo. Dalam salah satu foto yang dimuat di sejumlah blog terlihat gambar itu berada di dinding kafe Markobar miliknya.

Republika Online dalam salah satu beritanya bahkan menulis putra Jokowi itu dituding memiliki “Kafe Dajjal”. “Tempat usaha Gibran tersebut mencuat setelah sebuah foto yang diidentikkan sebagai simbol organisasi Freemason terpampang di salah satu sudut kafe. Di samping itu, terdapat tulisan 'Yes You Can',” tulis Republika Online dalam artikelnya, Kamis (7/5/2015).

Simbol mata satu terlihat di salah satu sudut ruangan kafe Markobar milik GIbran (Istimewa/JIBI/Liputan6)
Simbol mata satu terlihat di salah satu sudut ruangan kafe Markobar milik GIbran (Istimewa/JIBI/Liputan6)

Republika Online bahkan memuat pendapat dari Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan Imam Besar Masjid Istiqlal yang mengaku kaget. MUI menyarankan agar simbol itu segera dicabut.

Sedangkan, blog PKS Piyungan yang dikenal gencar menyerang Jokowi juga tak mau ketinggalan mengulas kabar ini.  Blog ini menulis “Geger Simbol DAJJAL di Kafe Milik Anak Jokowi.”

Blogger kontroversial, Jonru, juga memuat kritik tajam ke kafe ini. Pria yang dikenal kerap mengkritik kebijakan Presiden Joko Widodo ini menulis jika kafe Gibran memiliki logo dajjal, yang dalam eskatologi Islam disebut sebagai tokoh jahat yang akan muncul menjelang kiamat. Dajjal disebut kerap menyebar fitnah.

"Anak Jokowi Membuka "Kafe Dajjal". Hiyy... Sereemmm!!! (Memang sih, namanya bukan kafe dajjal. Tapi ada logo dan tanda-tanda dajjal di dekorasi ruangannya). Hm... kok sampai segitunya ya? Pertanda apakah ini?" tulis Jonru.

Gibran sendiri terlihat santai menanggapi perkembangan isu ini. Melalui akun Twitternya, @Chilli_Pari, Gibran malah membuat meme atau gambar parodi. Dia memperlihatkan gambar martabak manis bikinannya dengan sindiran simbol dajjal.

“Ternyata bukan cuma Markobar. Menu chilli pari juga penuh konspirasi,” tulis Gibran di salah satu meme yang diunggahnya di Twitter.

Berita Terkait

Berita Terkini

Klaster Sangon Kulonprogo Tambah 45 Kasus Baru, Total Menjadi 107

Klaster sangon di Kabupaten Kulonprogo terus mengalami penambahan kasus positif. Ada tambahan 45 kasus baru sehingga total jadi 107 kasus.

DK PBB Segera Bahas Palestina, Indonesia Pesan ke 3 Negara

Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi mengirimkan pesan kepada menlu tiga negara terkait Palestina menjelang rapat Dewan Keamanan PBB.

Kapolda Jateng: Balik Ke Jakarta Wajib Bawa Hasil Swab dan Surat Izin

Kapolda Jawa Tengah (Jateng), Irjen Pol. Ahmad Luthfi meminta masyarakat yang hendak balik ke Jakarta membawa hasil uji swab dari fasilitas kesehatan lokal.

Israel Runtuhkan Kantor Al Jazeera & AP di Gaza

Gedung kantor media internasional Al Jazeera asal Qatar dan Associated Press asal Amerika Serikat di Jalur Gaza runtuh dibom Israel.

28 Pemudik ke Jateng Positif Covid-19

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo terus mengimbau masyarakat Jateng di perantauan untuk tidak mudik Lebaran 2021 demi mencegah Covid-19.

1,5 Juta Orang Bakal Balik ke Jabodetabek

Sebanyak 1,5 juta orang diperkirakan bakal berkendara memasuki wilayah Jabodetabek selama periode arus balik mudik Lebaran 2021.

Kapal Penangkap Ikan Indonesia Kecelakaan di Samudera Hindia

Kementerian Luar Negeri menginformasikan adanya kapal penangkap ikan bernama KM Bandar Nelayan 188 yang kecelakaan mengalami kebocoran di Samudera Hindia.

Ini Nama-Nama Korban Perahu Terbalik di Waduk Kedungombo Boyolali

Sebanyak sembilan orang menjadi korban perahu wisata yang terbalik di Waduk Kedungombo Boyolali, Sabtu (15/5/2021) siang WIB. Sementara 11 orang lainnya dinyatakan selamat.

Mau Bikin Video Klip Tema Alam? Cek Dulu Sekipan

Mau bikin video klip tema alam? Anda bisa cek ke Sekipan, Tawangmangu.

Pemboman Israel Hancurkan Gedung Pusat Media di Gaza

Pesawat-pesawat tempur Israel pada Sabtu (15/5/2021) menghancurkan sebuah gedung tempat sejumlah media internasional seperti Aljazeera dan Associated Press berkantor.

Istri PB XII Tutup Usia, Saatnya Regenerasi Pengelolaan Keraton Solo?

Petugas Humas dari Maha Menteri Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat, K.G.P.H.P.A. Tedjowulan, K.P. Bambang Pradotonagoro, menilai sudah saatnya dilakukan persiapan regenerasi pengelolaan Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat.

Kita Harus Menjadi Guru

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Rabu, 5 Mei 2021. Esai ini karya Ardian Nur Rizki, guru di Sekolah Indonesia Luar Negeri Johor Bahru, Malaysia.