SOLOPOS.COM - Ilustrasi planet baru (ibnlive.com)

Kontroversi alien masih menjadi misteri hingga kini. Sebuah planet yang diduga menjadi tempat tinggal alien kini dalam proses penelitian NASA.

Solopos.com, WASHINGTON – National Aeronautics and Space Administration (NASA) dikabarkan akan merampungkan sebuah penelitian yang sejak lama mereka kerjakan. NASA berhasil mengungkap sebuah misteri planet misterius yang diduga menjadi tempat tinggal makhluk luar angkasa (Alien) itu melalui penggabungan dua buah teleskop luar angkasa.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

OGLE-2005-BLG-169Lb, nama planet itu, berhasil diketahui keberadaannya oleh NASA sekitar sepuluh tahun lalu. Badan Antariksa Amerika Serikat itu melakukan pengamatan lebih lanjut untuk mendapat informasi yang lebih detail. Setelah sekian lama, penelitian itu diperkirakan akan rampung pada tahun 2015 ini.

Ekspedisi Mudik 2024

Dilansir Space.com, Jumat (31/7/2015), planet OGLE-2005-BLG-169Lb memiliki massa 14 kali lebih berat dan berjarak 8.800 tahun cahaya. Dengan spesifikasi tersebut, planet OGLE-2005-BLG-169Lb dapat disamakan dengan Planet Uranus.

NASA berhasil menganalisia detail planet OGLE-2005-BLG-169Lb itu menggunakan teknik gravitational microlensing. Teknik itu merupakan teknik pengamatan planet yang dilakukan ketika planet sasaran melintas di depan sebuah bintang yang terlihat dari Bumi. Teknik tersebut dapat mengungkap dapat mengungkap berapa masa planet dan kemungkinan Exoplanets yang ada.

NASA menggunakan Teleskop Luar Angkasa Hubble dan Observatori Keck untuk menganalisis planet OGLE-2005-BLG-169Lb. Kedua instrumen milik NASA itu berhasil memisahkan bintang-bintang yang berada di sekitar OGLE-2005-BLG-169Lb.

“Kami berusaha sekuat tenaga untuk menganalisa planet OGLE-2005-BLG-169Lb. Kami berhasil melakukan kalkulasi tepat untuk memperkirakan kapan planet itu berada cukup jauh dari bintang-bintang,” ujar Ketua tim analisis di Observatori Hubble, David Bennett. (Guruh Putra Tama/JIBI/Solopos.com)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya