Kontraksi Berbagai Sektor, Penerimaan Pajak Jateng II Capai Rp4,89 Triliun

Kanwil DJP Jawa Tengah II mencatatkan penerimaan pajak mencapai 39,2% atau sebesar Rp4,89 triliun dari target Rp12,474 triliun pada semester I tahun 2021.

 Ilustrasi pajak dari emisi karbon. (Freepik.com)

SOLOPOS.COM - Ilustrasi pajak dari emisi karbon. (Freepik.com)

Solopos.com, SOLO—Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak (Kanwil DJP) Jawa Tengah II mencatatkan penerimaan pajak mencapai 39,2% atau sebesar Rp4,89 triliun dari target Rp12,474 triliun pada semester I tahun 2021. Realisasi mengalami pertumbuhan netto sebesar -0,41%.

Kepala Kanwil DJP Jawa Tengah II, Slamet Sutantyo, mengatakan penerimaan pajak sampai dengan semester I tahun 2021 tercatat realisasinya mencapai 39,20% atau sebesar R 4,89 triliun dari target Rp12,474 triliun.

“Realisasi ini mengalami pertumbuhan netto sebesar -0,41%. Pertumbuhan neto semester 1 yang secara agregat menunjukkan tren positif tersebut masih belum diimbangi dengan pertumbuhan beberapa sektor usaha yang masih mengalami kontraksi negatif,” ujar dia, dalam jumpa pers virtual, Senin (26/7/2021).

Baca Juga: Begini Cara Gibran Semangati Warga Positif Corona Yang Isolasi di SMPN 8 Solo

Capaian Tertinggi

Slamet menjelaskan realisasi penerimaan pajak tersebut capaian tertinggi adalah Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Karanganyar 57,74% senilai Rp830,354 miliar, disusul KPP Pratama Sukoharjo 53,76% (Rp557,784 miliar), KPP Pratama Cilacap 53,49% (Rp667,806 miliar), dan KPP Pratama Purwokerto 50,36% (Rp389,968 miliar).

Sedangkan KPP Pratama Solo realisasi penerimaan pajaknya mencapai 47,39% atau senilai Rp555,040 miliar. Sementara KPP Madya Solo yang baru saja dibentuk penerimaan pajaknya mencapai 14,97% atau sebesar Rp564,788 miliar.

Selain itu, penerimaan pajak KPP Pratama di Soloraya lainnya, yakni KPP Pratama Boyolali mencapai 46,65% (Rp207,738 miliar), KPP Pratama Klaten mencapai 44,87% atau senilai Rp243,344 miliar.

Baca Juga: Bisa Nambah Uang Saku, Hal-Hal Ini Patut Dicoba Mahasiswa

Di sisi lain, pertumbuhan beberapa sektor yang masih minus tersebut dikarenakan pengaruh pandemi Covid- 19 yang secara langsung berdampak terhadap perekonomian dan insentif pajak di masa pandemi yang masih berlaku.

Di samping itu, penerimaan pajak ini terdiri dari PPh Non Migas sebesar Rp2,699 triliun dengan kontribusi sebesar 55,2% dan pertumbuhan sebesar -9,14%. Sedangkan PPN dan PPnBM sebesar Rp2,049 triliun dengan kontribusi sebesar 41,9% dan pertumbuhan sebesar 10,79%. Sementara pajak lainnya Rp142,299 miliar dengan kontribusi sebesar 2,9% dan pertumbuhan sebesar 60%.

“Secara sektoral, penerimaan masih didominasi oleh sektor industri pengolahan dengan kontribusi sebesar 37,49% dari total realisasi penerimaan netto dan capaian pertumbuhan sebesar 2,48%, disusul oleh sektor perdagangan besar dan eceran, administrasi pemerintahan dan jaminan sosial, kemudian jasa keuangan dan asuransi, serta pengadaan listrik, gas, uap/air panas dan udara dingin,” jelas dia.

Berita Terkait

Espos Premium

Peneliti Asal Indonesia Menuju Penemuan Penting Energi Terbarukan

Peneliti Asal Indonesia Menuju Penemuan Penting Energi Terbarukan

Pemerataan akses listrik di Indonesia bisa banyak terbantu dengan teknologi panel surya. Teknologi ini ramah lingkungan dan bisa dibangun di banyak tempat dan banyak pulau di Indonesia.

Berita Terkini

Mudah Kok, Ini 6 Cara Mendapatkan Uang dari Tiktok

Tidak hanya untuk iseng atau bersenang-senang, aplikasi populer Tiktok dengan durasi video pendek ini juga bisa menghasilkan uang secara online.

Pengumuman! PLN Perpanjang Promo Diskon Tambah Daya

Program PLN yang menawarkan diskon tambah daya kepada para pelanggannya ini diluncurkan untuk menyambut HUT ke-76 Kemerdekaan RI.

Bukti Keberhasilan Pemberdayaan BUMDes, Semen Gresik Raih Nusantara CSR Awards 2021

Program CSR Semen Gresik telah memberikan kebermanfaatan, diantaranya mendorong penurunan angka kemiskinan di area perusahaan.

Total Dana IPO Tembus Rp32,14 Triliun, Kontribusi Bukalapak Rp21,9 Triliun

Dana hasil penawaran umum yang telah terkumpul hingga 16 September 2021 sebesar Rp32,14 triliun. Total dana itu berasal dari 38 perusahaan yang baru tercatat tahun ini.

Tingkatkan Awareness Masyarakat Terkait Keamanan Bertransaksi Digital, BI Lakukan Ini

Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Solo mengadakan webinar Interoperabilitas Sistem Pembayaran dan Keamanan Bertransaksi di Era Digital.

Jangan Sampai Jadi Korban, Ini Tips Terhindar dari Penipuan Arisan Online

Saat ini banyak orang yang menggunakan tameng arisan online sebagai modus penipuan yang menimbulkan banyak korban.

Belajar Bahasa Inggris sambil Rebahan? Yuk, Simak Cara Berikut Ini

Di era globalisasi saat ini, kemampuan berbahasa Inggris sebagai bahasa global bukan lagi menjadi sebuah pilihan, melainkan sebuah kebutuhan.

Potensi Pendapatan Rp42 Triliun, Ini 5 Fakta Merger Indosat dan Tri

Induk PT Indosat Tbk., Ooredoo Q.P.S.C., dan induk PT Hutchison 3 Indonesia, CK Hutchison Holdings Limited resmi bergabung atau merger.

Belanja Sekaligus Donasi di Pisalin Joli Jolan Batik Lawas

Menjelang Hari Batik Nasional, Pisalin bekerja sama dengan Joli Jolan mengadakan aksi solidaritas  Pisalin Joli Jolan Batik Lawas.

Kompak Turun! Berikut Harga Emas Pegadaian Jumat, 17 September 2021

Jelang akhir pekan, harga emas batangan 24 karat di Pegadaian pada hari ini, Jumat (17/9/2021) untuk cetakan UBS dan Antam serentak turun dibandingkan dengan harga kemarin.

Catat, Penonton Bioskop Harus Sudah Vaksin Lengkap

Sejumlah bioskop di Soloraya kembali beroperasi pada Kamis (16/9/2021). Meskipun demikian, pengunjung mesti mematuhi aturan agar bisa nonton film di layar lebar.

Tumbuh Signifikan, Transaksi Saham di Soloraya Tembus Rp3,369 Triliun

Jumlah investor dan nilai transaksi di pasar saham Soloraya melejit signifikan pada 2021. Bahkan, nilai transaksi saham ini tembus Rp3,369 triliun pada Agustus 2021.

Susul Solo dan Jakarta, Pengguna Indosat Ooredoo di Surabaya Bisa Nikmati 5G

Indosat Ooredoo bermitra dengan Nokia, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), dan Universitas Oulu Finlandia, meluncurkan Nokia 5G Experience Center

 Indosat (ISAT) dan Tri Bergabung Dirikan Indosat Ooredoo Hutchison

Merger ISAT dan Tri disepakati oleh masing-masing induk usaha melalui penandatanganan transaksi definitif untunk penggabungan bisnis telekomunikasi di Indonesia dengan nama Indosat Ooredo Hutchison.

Pasang Surut Bisnis, ShopeePay Talk Ingatkan Pebisnis Pemula Hindari Kesalahan Umum Berbisnis

ShopeePay Talk, sebuah platform diskusi interaktif bulanan yang diinisiasi oleh ShopeePay untuk membahas berbagai topik ringan, trendy dan insightful.

Tempati Kantor Baru di Solo, BPRS CSU Berkomitmen Bantu UMKM

Bank Pembiayaan Rakyat Syariah (BPRS) BRS Central Syariah Utama (CSU) resmi menempati kantor barunya di Jalan Rajiman No 439 Laweyan, Solo, Rabu (15/9/2021).