SOLOPOS.COM - Rumah milik Sutarjo yang dikontrak oleh Toto Santoso Hadiningrat yang mengaku sebagai Raja Kraton Agung Sejagad (KAS) di Jl Berjo Pare Dusun Ngabangan, Desa Sidoluhur, Kecamatan Godean, Sleman. (Harian Jogja-Desi Suryanto)

Solopos.com, SLEMAN -- Polisi menyita sejumlah barang saat menggeledah rumah kontrakan milik Sutarjo yang dikontrak oleh Toto Santoso alias Raja Totok Santoso Hadiningrat, Rabu (15/1/2020). Rumah orang yang mengaku sebagai Raja Keraton Agung Sejagat (KAS) itu bertempat di Jl Berjo Pare Dusun Ngabangan, Desa Sidoluhur, Kecamatan Godean, Sleman.

Penggeledahan berlangsung pukul 00.49 WIB hingga pukul 04.55 WIB. Penggeledahan dilakukan oleh tim gabungan Polres Purworejo dan Polda Jateng yang dipimpin oleh AKBP Gultom (Kasubdit Jatanras Polda Jateng) diikuti 12 orang personel.

Promosi Kuliner Legend Sate Klathak Pak Pong Yogyakarta Kian Moncer Berkat KUR BRI

Barang bukti yang diamankan antara lain sebuah mesin ketik, sebuah mesin laminating, sebuah keris, sebuah kalkulator, 3 buah cap stampel, 7 buku tabungan (Bank BCA 4, Bank Mandiri 2, BRI Simpedes 1), 1 dus dokumen, 1 buah rak plastik, sebuah dompet tempat pulpen warna pink, sebuah printer, sebuah laptop, sebuah mesin edisi (alat cetak struk pembayaran), 1 softgun merek Makarov Rusia MP -654K Cal 4,5 T23509760H, 1 set pakaian punggawa kerajaan, 13 buah kartu anggota, 1 handphone inventaris keraton, dan angkringan.

Ekspedisi Mudik 2024

Kapolsek Godean Kompol Paino membenarkan peristiwa penggeledahan tersebut. Dia mengatakan pada saat dilakukan penggeledahan situasi aman dan terkendali.

Ketika disinggung mengenai ranah hukum yang akan diambil oleh pihak kepolisian, dia menyerahkan prosesnya ke Polda Jateng. "Semua ranah hukum di Polda Jateng," ujar Kompol Paino kepada Harian Jogja, Rabu (15/1/2020).

Kontrakan tersebut diduga digunakan anggotanya untuk latihan kanuragan atau kebatinan dengan mengundang guru spiritual, pengobatan medis oleh dokter ahli dan pelatihan rias manten. Hingga saat ini, anggota Keraton Agung Sejagat sudah mencapai kurang lebih 2.500 orang tersebar di wilayah Jateng dan DIY.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya