SOLOPOS.COM - Sejumlah tanaman jemani dipamerkan pada kontes tanaman hias anturium se-Soloraya di Desa Cemani, Kecamatan Grogol, Minggu (6/10/2013). (Iskandar/JIBI/Solopos)

Solopos.com, SUKOHARJO –Tanaman hias jenis jemanii milik Eko Kobra, warga Cemani berhasil menjuarai kontes tanaman anturium yang digelar di Desa Cemani, Kecamatan Grogol, Sukoharjo, Minggu (6/10/2013). Dengan demikian tanaman milik Eko ini berhasil menyingkirkan kira-kira tujuh peserta lainnya.

“Sebenarnya acara semacam ini yang diikti para pencita anturium se-Soloraya ini kami gelar rutin setiap tiga bulan sekali. Tetapi ini tadi [kemarin] diikuti peserta dari Jogjakarta,” ujar Ketua Panitia Muhammad Eko Irianto ketika ditemui Solopos.com di sela-sela kontes.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Menurut dia tanaman jemani varigata yang diikutkan pada kontes itu hasil dari split bonggol. Karena itu tanamah yang berusia kira-kira 2,5 tahun itu mempunyai sifat yang tak jauh dari induknya yang displit.

Dia menjelaskan pertemuan sesama hobiis anturium ini juga digelar untuk saling tukar informasi dan untuk mengendalikan harga agar realistis. Degan demikian para pemula yang menggemari anturium juga tidak menjadi korban pihak yang tak bertanggung jawab.

Selain kontes, papar dia, pertemuan para hobiis anturium se-Soloraya kemarin juga menggelar bursa tanaman. Dari sejumlah peserta yang mengikuti setidaknya berhasil terjual tiga tanaman dengan total nominal belasan juta rupiah.

Sementara itu salah seorang peserta asal Ngringo, Chandra Gunawan mengatakan tanaman jemani mawar kobra yang dibawanya hanya berhasil merebut juara II. Kendati demikian dia mengaku tak masalah karena dia mengaku terhibur dengan kobtes ini.

“Saya juga senang melihat tema-teman bisa transaksi mengasyikkan ini. Karena tadi ada satu tanaman jemani mangkok pemula dengan tinggi kira-kira 4 sentimeter laku dijual Rp2 juta. Kalau tidak salah tadi milik Pak Hartono dari Tawangmangu dan yang membeli Pak Agung dari Jogjakarta,” papar dia.

Hasil kontes

Jemanii pemula: Juara I, Agung (Jogjakarta); II dan III Hartono (Tawangmangu)

Jemanii prospek: Juara I, Heri KK; II, Heri dan III Fahmi (Solo)

Jemanii madya: Juara I, Heri (Solo)

Jemanii warna: Juara I, Eko Kobra (Cemani); II, Topo (Klaten)

Anturium mix: Juara I, Topo (Klaten); II, Hartono (Tawangmangu)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya