SOLOPOS.COM - Salmon

Wortel (Ilustrasi/JIBI)

Jangan anggap remeh kanker payudara. Banyak kematian yang disebabkan penyakit yang menghantui jutaan wanita di dunia. Namun jangan khawatir, sebuah studi baru menunjukkan risiko kanker payudara pada perempuan lebih rendah bila mereka memiliki tingkat karotenoid yang tinggi dalam darah.

Promosi Kisah Petani Pepaya Raup Omzet Rp36 Juta/bulan, Makin Produktif dengan Kece BRI

Karotenoid adalah pigmen organik yang ditemukan dalam kloroplas dan kromoplas tanaman serta organisme fotosintetis lain seperti ganggang, sebagian bakteri, dan sebagian jamur, seperti dikutip dari Medical Daily, seperti dilansir dari Antara.

Menurut situs World’s Healthiest Foods, makanan yang mengandung karotenoid tinggi adalah makanan sumber vitamin A. Makanan seperti itu melindungi sel-sel tubuh dari radikal bebas yang merusak, tinggi antioksidan, meningkatkan fungsi kekebalan tubuh, dan berkontribusi dalam sistem reproduksi sehat.

Dalam penelitian baru, A. Heather Eliassen dari Channing Division of Network Medicine, the Department of Medicine at Brigham & Women’s Hospital and Harvard Medical School, dan koleganya menganalisis delapan studi yang melibatkan 3.000 subjek kasus dan 3.956 subjek kontrol untuk mempelajari hubungan tingkat pigmen yang lebih tinggi demi mengurangi risiko kanker payudara.

Salmon

Ada bukti bahwa karotenoid dapat menghambat pertumbuhan ER-positif kanker payudara. Meskipun begitu, “Diet dengan mengonsumsi buah mengandung karotenoid tinggi dan sayur mayur menawarkan beragam manfaat kesehatan, termasuk menurunkan risiko kanker payudara,” kata para peneliti.

Karotenoid dapat ditemukan di wortel, aprikot, mangga, labu, pepaya, dan ubi jalar. Sayuran hijau seperti bayam juga mengandung beta-karoten dan juga lutein. Salmon, kerang, susu, dan kuning telur juga merupakan sumber karotenoid seperti dipublikasikan dalam Journal of National Cancer Institute.(Newswire)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya