Ilustrasi gula (freepik)

Solopos.com, SOLO – Kebiasaan mengonsumsi gula berlebihan sering dijadikan salah satu penyebab obesitas. Tidak salah memang, gula menyebabkan lingkar pinggang semakin melebar. Selain itu, konsumsi gula ternyata juga berpengaruh pada kesehatan kulit.

Gula sebenarnya merupakan bahan pangan yang bersifat anti-inflamasi jika dikonsumsi dalam takaran yang pas. Namun, bahan pangan ini bakal menyebabkan peradangan jika dikonsumsi berlebihan. Hal ini juga memicu alergi kulit. Adapun makanan yang tinggi gula dan memicu kenaikan gula darah adalah roti putih, soft drink, salad dressing, permen, dan berbagai jenis kue manis lainnya.

Menurut dermatologi Debra Jaliman, The Insider, Rabu (17/7/2019), terlalu banyak mengonsumsi gula memperburuk kondisi kulit. Konsumsi gula berlebih memicu sejumlah penyakit kulit, mulai dari eksim, psoriasis, dan rosacea. Selain itu, gula memengaruhi kolagen yang membuat kulit terlihat kusam dan menua.

Menghindari konsumsi gula merupakan hal yang sulit, bahkan tidak mungkin. Tetapi, cobalah untuk disiplin dengan mulai mengurangi jumlahnya secara perlahan. Khususnya makanan dengan gula buatan tambahan seperti camilan dan minuman ringan.

Sementara kandungan gula alami yang ada pada sayur dan buah tidak perlu dikhawatirkan. Karena mengonsumsi makanan ini justru bakal memberikan nutrisi lebih bagi tubuh. Nah, jika ingin memiliki kulit yang sehat dan cerah, sebaiknya batasilah konsumsi gula tambahan.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten