SOLOPOS.COM - Hyundai Santa Fe (machinespider.com)

Hyundai Santa Fe (machinespider.com)

JAKARTA – pangsa pasar mobil Korea semakin mencorong dengan kehadiran sejumlah model terbaru yang mendapat respon cukup positif dari konsumen Indonesia, sehingga dapat menggerus pangsa pasar yang selama ini digarap mobil Jepang dan Eropa.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Mukiat Sutikno, Vice President Director PT Hyundai Motor Indonesia, mengatakan kepercayaan konsumen yang semakin bersar terhadap kualitas produk Hyundai cukup efektif memicu laju pertumbuhan penjualan di dalam negeri. “Produk terbaru kami, Hyundai Santa Fe yang diluncurkan saat pembukaan Indonesia International Motor Show pada 20-30 September 2012 terjual 165 unit dan ditambah dengan penjualan di luar arena pameran menjadi 200 unit,” katanya di Jakarta, Minggu (7/10/2012).

Dia mengatakan pihaknya optimistis penjualan Santa Fe dapat mencapai 300 unit hingga awal bulan ini mengingat pemesanan kendaraan sport utility vehicle tersebut dalam 4 kali pameran yang digelar di Jakarta dan daerah sekitarnya dapat menembus 100 unit. Produk terbaru Hyundai diminati konsumen, lanjutnya, karena memiliki berbagai keunggulan, diantaranya dilengkapi kapasitas mesin 2.2 cc turbo diesel, dengan 6 percepatan menghasilkan daya 198 hp dan torsi 445 nm.

Mukiat menjelaskan Santa Fe dengan 7 seater yang dipasarkan seharga Rp449 juta per unit on the road di Jakarta itu sudah bisa didistribusikan kepada para pemesannya mulai bulan ini dalam jumlah yang bertahap sekitar 50-100 unit. “Kami optimistis Santa Fe memberikan kontribusi cukup besar terhadap total penjualan seluruh produk Hyundai yang ditargetkan mencapai 6.500 unit pada 2012, lebih banyak dari realisasi tahun lalu 4.800 unit,” ujarnya.

Yongkie Sugiharto, President Director PT Hyundai Mobil Indonesia, mengatakan potensi pasar Hyundai di Indonesia mencapai lebih dari 6.500 unit pada 2012 dan di kawasan Asean sekitar 60.000-70.000 unit per tahun sehingga dapat ditingkatkan karena potensinya mencapai 3 juta unit per tahun. “Konsumen Hyundai rela menunggu cukup lama karena pasokan kendaraan tersebut dari pabriknya di Korea masih terbatas hanya sebanyak 200 unit per bulan, dari total permintaan pasarnya mencapai 300-400 unit per bulan,” ujarnya.

Kia All New Sportage Platinum (keystar.com.au)

Sementara PT KIA Mobil Indonesia, agen tunggal pemegang merek Kia, berhasil membukukan penjualan selama periode Januari-September 2012 mencapai 1.047 unit dengan Kia Picanto menempati urutan tertinggi sebanyak 423 unit, disusul Sportate 106 unit dan Rio 104 unit.

Penjualan mobil Kia mencapai 1.047 unit tersebut merupakan antusias pasar domestik yang cukup tinggi, demikian halnya saat berpartisipasi dalam IIMS di JIExpo Kemayoran Jakarta pada 20-30 September 2012 berhasil menjual sebanyak 350 unit. Penerimaan pasar terhadap produk Kia semakin jelas terlihat dari performa All New Sportage Platinum yang dipasarkan on the road seharga Rp355 juta per unit telah terjual 51 unit hanya dalam waktu 11 hari pelaksanaan IIMS 2012.

Hartanto Sukmono, Marketing Director PT KAI Mobil Indonesia, mengatakan Alla New Sportage Platinum merupakan kendaraan crossover utility vehicle atau kompak perkotaan dari keluarga Kia Sportage dengan spesifikasi yang tertinggi di kelasnya.

“Kia All New Sportage Platinum cukup diminati karena harga relatif murah sebesar Rp355 juta, tepati merupakan varian tertinggi untuk All New Sportage dan menjadi the best value for money di kelas sport utility vehicle di Indonesia,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya