Konsumen Dituntut Bijak Belanja Pakaian, Ini Alasannya

Di Indonesia, sudah banyak desainer yang menerapkan konsep sustainable fashion yakni dengan melakukan prinsip zero waste pattern dimana mengurangi pembuangan kain sisa.

Konsumen Dituntut Bijak Belanja Pakaian, Ini Alasannya

SOLOPOS.COM - Keramaian pengunjung di salah satu kios BTC Solo, Rabu (30/5/2018). (Solopos-M.Feri Setiawan)

Solopos.com, JAKARTA — Ellen MacArthur Foundation, badan yang fokus mempelajari polusi industri mode, merilis data limbah bisnis busana di dunia dapat mencapai US$500 miliar per tahun.

Patrice Desilles, Academic Program Head Esmod Jakarta, mengatakan untuk menanggulangi penumpukan polusi tersebut, saat ini banyak pilihan yang bisa ditempuh masyarakat. Mulai dari merawat pakaian agar tak mudah rusak, memanfaatkan kain perca, hingga membeli baju bekas layak pakai.

“Menurut kami, konsumen harus memiliki pengetahuan tentang bagaimana merawat pakaian mereka agar dapat bertahan lama,” kata Patrice, baru-baru ini.

Dari sisi industri, fakta mengenai limbah bisnis busana tersebut kemudian memunculkan beberapa usulan kebijakan ramah lingkungan, salah satunya dengan mengolah kembali kain perca menjadi komponen yang bermanfaat.

Di Indonesia, sudah banyak desainer yang menerapkan konsep sustainable fashion yakni dengan melakukan prinsip zero waste pattern dimana mengurangi pembuangan kain sisa. Misalnya, bahan yang tadinya harus dipotong, dikemas dengan cara yang lebih sederhana dan tidak perlu ada proses pemotongan.

Kain perca umumnya hanya dianggap sebagai bahan sisa yang tidak ada manfaatnya, sehingga pada akhirnya akan dibuang dan menjadi limbah atau sampah.

Dalam industri kerajinan kreatif ternyata kain perca sangat cocok untuk direproduksi menjadi berbagai produk kreatif yang memiliki nilai ekonomis tinggi.

Selain itu, dari sisi sosial, sustainable fashion dapat diterapkan melalui berbagai kegiatan bermanfaat seperti halnya yang dilakukan Sadari Sedari yaitu mengumpulkan pakaian bekas dan mengubahnya menjadi donasi sosial, atau juga menyumbangkan pakaian pada mereka yang memang membutuhkan.

“Sebagai pelopor pendidikan fashion di Indonesia, Esmod Jakarta menyadari bahwa sustainable fashion merupakan bagian dari gaya hidup saat ini,” ujarnya.

Selain itu, banyak desainer yang mulai menggunakan bahan ramah lingkungan, teknik pewarnaan alami, dan yang tidak kalah penting yaitu menempatkan label tata cara perawatan kain.

“Saat ini, kami juga lebih memilih untuk menggunakan serat kain tencel yang berasal dari kayu, sehingga ketika pakaian tersebut sudah tidak dipakai lagi, dapat dengan mudah terurai ke alam. Metode ini juga kami terapkan kepada para siswa melalui kurikulum di sekolah,” jelasnya.

Berita Terkait

Berita Terkini

FOTO : Hujan Deras, Sejumlah Kendaraan Mogok di Depok

Genangan air akibatkan kendaraan mogok di Jl. Margonda Raya, Depok, Jabar

Dulu Ganjar Disindir Puan, Kini Ditegur Megawati

Dari layar zoom, tampak Ganjar Pranowo merespons dengan senyuman terkait antisipasi banjir rob di Semarang.

Pengukuran Lahan Rel Layang Joglo Disampaikan, Warga Diberi Waktu Sanggah Sepekan

Warga diberi kesempatan menyanggah hingga sepekan ke depan baru kemudian nilai aprraisal santunan turun.

Bocoran Spesifikasi Xiaomi Mi Mix 4, Ponsel Pertama Dengan Chipset Snapdragon 888 Plus

Berikut bocoran spesifikasi Xiaomi Mi Mix 4 yang akan rilis pada bulan Agustus ini dan menjadi ponsel pertama dengan chipset Snapdragon 888 plus.

LSP UNS Gandeng LSP PEP dan BNSP Gelar Sertifikasi Kompetensi Kerja

Rektor UNS Prof. Jamal Wiwoho mengatakan bahwa adanya LSP di UNS merupakan bentuk komitmen dan tanggung jawab UNS.

Persis Gotong Royong Absen Liga 3 Jateng 3 Musim Beruntun

Kali terakhir Persis GR terjun berkompetisi pada musim 2017 atau saat mereka menembus final Liga 3 zona Jateng.

Purwokerto dan Cilacap Tercatat Alami Inflasi Pada Juli 2021

Bank Indonesia mencatat Juli 2021 Purwokerto dan Cilacap mengalami inflasi, yaitu masing-masing sebesar 0,09% (mtm) dan 0,06 % (mtm).

Rayakan Kemerdekaan RI di Nava Hotel, Ada Diskon 17% sampai Menginap Gratis

Nava Hotel tidak hanya punya promo dan diskon menarik, hotel ini juga memberikan kado spesial buat tamu yang merayakan ulang tahun.

Pendekar Sukoharjo Mendapat Vaksinasi Bareng Ribuan Warga

Total ada 3.724 orang yang mendapat vaksinasi yang berasal dari berbagai organisasi di Sukoharjo.

Anak Yatim Piatu Gegara Corona di Sukoharjo Dapat Bantuan Rp5 Juta

Saat ini, Pemkab Sukoharjo tengah mendata anak yatim piatu baru karena kedua orang tuanya meninggal dunia akibat virus corona.

667 Pelamar CASN Solo Tak Lolos Seleksi Administrasi

Dari 6.376 pelamar CASN Kota Solo, 5.709 orang lolos seleksi administrasi dan 667 orang tidak lolos.

Bos JNE M. Feriadi Soeprapto Dinobatkan Sebagai Best CEO Award 2021

Bos JNE M. Feriadi Soeprapto punya pengalaman bertahun-tahun di bidang penjualan, pemasaran, dan menjadi kurir on board ke berbagai negara.