SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Konser musik yang disajikan di Lapangan Parade Makodam IV Diponegoro Semarang menampilkan musisi kawakan Indonesia, Iwan Fals.

Semarangpos.com, SEMARANG – Iwan Fals selama ini dikenal sebagai musisi yang sangat mencintai Tanah Air, Indonesia. Bahkan, kecintaan terhadap Indoensia itu tertuang dalam syair-syair lagu ciptaannya, seperti Bangunlah Putra-Putri Ibu Pertiwi.

Promosi BRI Cetak Laba Rp15,98 Triliun, ke Depan Lebih Fokus Hadapi Tantangan Domestik

Seiring banyaknya lagu bertema Indonesia yang diciptakan Iwan Fals, para penggemar penyanyi berusia 55 tahun itu juga menamakan komunitas mereka dengan sebutan Orang Indonesia (OI). Kendati demikian, bukan berarti Iwan Fals tidak menyukai produk dari luar negeri. Bahkan, penyanyi yang memiliki nama asli Virgiawan Listanto itu mengaku sangat mengidolakan musisi asal Amerika Serikat, Bob Dylan.

Iwan Fals menyebutkan bahwa Bob Dylan menginspirasi dalam memainkan alat musik tiup harmonika. ”Bob Dylan itu musisi yang usianya lebih tua 20 tahun dari saya. Bob Dylan menginspirasi saya dalam memainkan harmonika. Awal mula saya belajar harmonika ya gara-gara mendengarkan dia [Bob Dylan],” ujar Iwan Fals saat menggelar konser musik bertajuk Tour Silaturahmi BPP OI : Jaga Bumi di Lapangan Parade Makodam IV Diponegoro, Semarang, Minggu (16/10/2016).

Seperti halnya Bob Dylan, Iwan Fals memang acap kali memainkan musik dengan menggunakan gitar dan harmonika. Bahkan saat tampil di panggung dalam sebuah konser, Iwan Fals tak pernah lepas dari kedua alat musik itu, gitar dan harmonika. Begitu juga saat tampil dalam konser musik di Semarang. Penyanyi yang sempat dicekal saat zaman Orde Baru itu beberapa kali terlihat memainkan gitar sambil meniup harmonika, seperti di lagu Bangunlah Putra-Putri Ibu Pertiwi dan Tak Biru Lagi Lautku.

Selain terinspirasi dengan permainan musik Bob Dylan, Iwan Fals juga mengagumi prestasi musisi bernama asli Robert Allen Zimmerman itu. Terlebih lagi pencipta lagu Knockin’ on Heaven’s Door yang sempat dipopulerkan lagi oleh band rock asal Amerika Serikat, Guns ‘N Roses, itu baru saja mendapatkan hadiah Nobel Kesusastraan atas karya-karyanya. ”Bob Dylan itu musisi yang sangat hebat. Dia baru saja mendapat hadiah Nobel. Saya sangat mengidolakan dia,” tutur Iwan Fals di tengah konser musiknya di Semarang.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya