Tutup Iklan

KONSER MUSIK SEMARANG : Iwan Fals Akui Terinspirasi Bob Dylan

KONSER MUSIK SEMARANG : Iwan Fals Akui Terinspirasi Bob Dylan

SOLOPOS.COM -

Konser musik yang disajikan di Lapangan Parade Makodam IV Diponegoro Semarang menampilkan musisi kawakan Indonesia, Iwan Fals.

Solopos.com, SEMARANG – Iwan Fals selama ini dikenal sebagai musisi yang sangat mencintai Tanah Air, Indonesia. Bahkan, kecintaan terhadap Indoensia itu tertuang dalam syair-syair lagu ciptaannya, seperti Bangunlah Putra-Putri Ibu Pertiwi.

Seiring banyaknya lagu bertema Indonesia yang diciptakan Iwan Fals, para penggemar penyanyi berusia 55 tahun itu juga menamakan komunitas mereka dengan sebutan Orang Indonesia (OI). Kendati demikian, bukan berarti Iwan Fals tidak menyukai produk dari luar negeri. Bahkan, penyanyi yang memiliki nama asli Virgiawan Listanto itu mengaku sangat mengidolakan musisi asal Amerika Serikat, Bob Dylan.

Iwan Fals menyebutkan bahwa Bob Dylan menginspirasi dalam memainkan alat musik tiup harmonika. ”Bob Dylan itu musisi yang usianya lebih tua 20 tahun dari saya. Bob Dylan menginspirasi saya dalam memainkan harmonika. Awal mula saya belajar harmonika ya gara-gara mendengarkan dia [Bob Dylan],” ujar Iwan Fals saat menggelar konser musik bertajuk Tour Silaturahmi BPP OI : Jaga Bumi di Lapangan Parade Makodam IV Diponegoro, Semarang, Minggu (16/10/2016).

Seperti halnya Bob Dylan, Iwan Fals memang acap kali memainkan musik dengan menggunakan gitar dan harmonika. Bahkan saat tampil di panggung dalam sebuah konser, Iwan Fals tak pernah lepas dari kedua alat musik itu, gitar dan harmonika. Begitu juga saat tampil dalam konser musik di Semarang. Penyanyi yang sempat dicekal saat zaman Orde Baru itu beberapa kali terlihat memainkan gitar sambil meniup harmonika, seperti di lagu Bangunlah Putra-Putri Ibu Pertiwi dan Tak Biru Lagi Lautku.

Selain terinspirasi dengan permainan musik Bob Dylan, Iwan Fals juga mengagumi prestasi musisi bernama asli Robert Allen Zimmerman itu. Terlebih lagi pencipta lagu Knockin’ on Heaven’s Door yang sempat dipopulerkan lagi oleh band rock asal Amerika Serikat, Guns ‘N Roses, itu baru saja mendapatkan hadiah Nobel Kesusastraan atas karya-karyanya. ”Bob Dylan itu musisi yang sangat hebat. Dia baru saja mendapat hadiah Nobel. Saya sangat mengidolakan dia,” tutur Iwan Fals di tengah konser musiknya di Semarang.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Berita Terkait

Berita Terkini

Sinyal Ferdinand Sinaga Merapat ke Persis Solo

Seorang sumber Solopos.com menyebut peluang Ferdinand merapat ke Persis mencapai 90%.

3 Zodiak Ini Konon Insan Paling Kreatif

Dalam urusan kreativitas, ada beberapa orang yang bingung dengan idenya, namun ada yang mudah mewujudkan layaknya zodiak insan kreatif.

Persika Karanganyar 0-1 Persis Solo: Assanur Rijal Akhirnya Pecah Telur

Setelah nihil gol di empat laga uji coba awal klub, Rijal Torres akhirnya pecah telur saat Persis beruji coba melawan Persika Karanganyar

Ngeri! Tabrak Pikap Pengendara Motor Tewas Terlindas Tronton

Kecelakaan itu terjadi antara pengendara sepeda motor Honda Vario dengan mobil Grand Max pikap dan truk tronton

Waduh! Stok Oksigen Menipis, RSUD Sragen Ketir-Ketir

RSUD dr Soehadi Prijonegoro Sragen dibuat ketir-ketir dengan kondisi stok oksigen untuk pasien Covid-19 yang menipis.

8 Vaksin & Obat Covid-19 Ini Paling Laris

Bagi kaum skeptis, datangnya pandemi virus corona berati kesempatan bagi para penyedia obat-obatan dan vaksin pencegah Covid-19.

Target Vaksinasi Covid-19 di Jepang Terlampaui, Ini Kiatnya…

Jepang menuntaskan target vaksinasi Covid-19 melalui kerja keras memenuhi target, yakni mewujudkan sampai satu juta dosis vaksin setiap hari. 

Parah! Mau Diberi Masker, Pria Kulonprogo Malah Memukul Polisi

WW, 46 tahun warga Kulonprogo ditangkap setelah memukul Kanit Binmas Polsek Pandak, Ipda Tetepana yang hendak memberinya masker.

Tuan Rumah Liga 2: Sriwijaya FC Berencana Mundur, Persis di Atas Angin

Jika Sriwijaya FC benar-benar mundur, tinggal enam klub yang mengajukan markasnya sebagai tuan rumah babak awal Liga 2.

Tikus Duduki Australia, Napi Diungsikan

Populasi tikus di Australia tidak terkendali dan menduduki benua hingga mendesak manusia sehingga narapidana diungsikan.

Pegawai Setda Terpapar Covid-19, Pemkab Wonogiri Terapkan WFH Di Seluruh OPD

Pemkab Wonogiri menerapkah kebijakan work from home atau WFH untuk seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) hingga 5 Juli.

Memanas! Rusia Peringatkan Kapal Perang Inggris di Laut Hitam

Kapal militer Rusia dilaporkan melepaskan tembakan peringatan ke arah sebuah kapal Perang Angkatan Laut Inggris di Laut Hitam.