SOLOPOS.COM - Penyanyi kawakan Iwan Fals dan band saat tampil pada konser bertajuk Tour Silaturahmi BPP OI: Jaga Bumi di lapangan parade Kodam IV Diponegoro, Minggu (16/10/2016). (Imam Yuda Saputra/JIBI/Semarangpos.com)

Konser musik di Semarang kali ini menampilkan Iwan Fals yang memuaskan para penggemarnya yang tergabung dalam OI (Orang Indonesia).

Semarangpos.com, SEMARANG – Ribuan masyarakat dari berbagai daerah tumpah ruah di lapangan parade Kodam IV Diponegoro, Minggu (16/10/2016) sore. Mereka berkumpul guna menyaksikan konser musik Iwan Fals dan band bertajuk Tour Silaturahmi BPP OI : Jaga Bumi.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Pantauan Semarangpos.com, konser Iwan Fals itu dimulai pukul 15.30 WIB. Meski demikian satu jam sebelum konser itu dimulai sudah banyak penggemar pelantun tembang Bento itu yang memadati lapangan.

Mereka datang dari berbagai daerah, seperti Kendal, Pekalongan, Kudus, Magelang, Solo, hingga luar provinsi Jawa Tengah (Jateng), yakni Cianjur. Salah seorang penggemar Iwan Fals, Hadia asal Pekalongan, mengaku sengaja jauh-jauh dari kota asalnya untuk menyaksikan penampilan Iwan Fals. Maklum, aku dia, sudah lama dirinya tak menyaksikan performa Iwan Fals secara langsung.

”Datang ke sini bareng teman-teman dari OI [Orang Indonesia, sebutan komunitas penggemar Iwan Fals] Pekalongan. Di semua tempat kalau ada konser Bang Iwan [panggilan Iwan Fals] kalau masih di sekitar Jawa Tengah kami pasti datang,” tutur Hadia saat dijumpai Semarangpos.com di sela-sela konser Iwan Fals.

Dalam konser musik itu, Iwan Fals seperti biasanya tampil dengan busana casual. Ia memakai celana panjang, kemeja warna putih yang dibalut dengan jaket serta topi dan kaca mata.

Dalam konser yang digagas Badan Pengurus Pusat (BPP) OI itu, Iwan Fals tampil selama dua jam. Ia membawakan 16 lagu baik yang berasal dari karya-karyanya terdahulu maupun yang terbaru.

Pertama-tama konser musik itu diawali Iwan Fals dengan menyanyikan lagu Bangunlah Putra-Putri Pertiwi. Lagu yang kerap juga disebut Garuda Bukan Burung Perkutut ini pun mendapat sambutan luar biasa dari para penggemar Iwan Fals yang mayoritas merupakan anggota OI. Mereka turut bernyanyi bersama musisi idola itu hingga lagu usai.

Sesuai dengan tema konser kali ini Jaga Bumi, dalam konser musik di Semarang itu, Iwan Fals juga banyak membawakan lagu-lagu bertemakan kepedulian lingkungan seperti Tak Biru Lagi Lautku, Sampah, Pohon Kehidupan, dan Desa.

Di sela-sela konser musik di Semarang itu, penyanyi yang memiliki nama asli Virgiawan Listanto tersebut menyematkan pesan moral kepada para penggemar dan juga anggota OI untuk mencintai alam dan lingkungan. ”Alam itu harus dijaga. Buang sampah jangan sembarang. Sebagai orang Indonesia kita wajib menjaganya. OI sanggup?” tanya Iwan Fals yang dijawab dengan pernyataan kesanggupan oleh para penggemarnya.

Selain memberikan membawakan lagu bertemakan lingkungan, dalam konser itu Iwan Fals juga menyanyikan tembang-tembang yang diciptakan khusus bagi anggota TNI, seperti Serdadu, Nyanyian Perang, dan Tinggalkan Ayah, Tinggalkan Ibu. Lagu itu dibawakan penyanyi berusia 55 tahun itu sebagai ungkapan terima kasih kepada anggota TNI Kodam IV Diponegoro yang telah memberikan tempat untuknya menggelar konser.

Tour silaturahmi BPP OI: Jaga Bumi ini bukan hanya digelar Iwan Fals di Semarang. Konser musik yang juga diselingi aksi sosial Iwan Fals dan anggota OI terhadap lingkungan itu juga digelar di beberapa kota di Tanah Air, yakni Surabaya, Bali, Lampung, dan Banten.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya