Konser Dream Theater Sukses Digelar, Wali Kota Solo Apresiasi PLN

Wali Kota Solo beri apresiasi kepada PLN atas dukungan dalam konser Dream Theater di Stadion Manahan, Rabu (10/8/2022).

 Wali Kota Solo, Dirut PLN, dan sejumlah pihak berfoto seusai konser Dream Theater di Manahan, Rabu (10/8/2022) malam.

SOLOPOS.COM - Wali Kota Solo, Dirut PLN, dan sejumlah pihak berfoto seusai konser Dream Theater di Manahan, Rabu (10/8/2022) malam.

Solopos.com, SOLO–Gelaran konser band asal Amerika Serikat Dream Theater bertajuk Top of The World Tour di Solo, 10 Agustus 2022, berlangsung sukses.

Hal ini tidak terlepas dengan keandalan pasokan listrik dari PT PLN (Persero).

PromosiNimo Highland, Wisata Hits di Bandung yang Mirip Santorini Yunani

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka mengapresiasi dukungan PLN dalam menyukseskan acara skala internasional yang digelar di Solo.

“Terima kasih PLN, kemarin sudah didukung acara ASEAN Para Games, sekarang didukung acara Dream Theater. Semoga PLN semakin sukses,” ujarnya.

Konser Dream Theater
Konser Dream Theater sukses digelar di Solo, Rabu (10/8/2022).

Di lokasi acara Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo menyampaikan bahwa PLN berkomitmen mendukung pemulihan geliat perekonomian nasional dengan menghadirkan listrik yang andal.

Hal ini sejalan dengan upaya pemerintah yang menginginkan pemulihan ekonomi berjalan lebih cepat.

“Dengan acara ini, kita lihat masyarakat bisa bergembira, kemudian banyak multiplier effect-nya. Kita lihat tadi banyak UMKM terlibat, hotel penuh, ekonomi bergerak, rakyat bergerak, pemulihan lebih cepat,” katanya.

Darmawan juga mengapresiasi pemerintah yang telah berhasil melakukan pemulihan ekonomi.

Wali Kota Solo Gibran
Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka bersama Dirut PLN Darmawan Prasodjo berfoto saat konser Dream Theater di Manahan, Rabu (10/8/2022) malam.

“Hal itu terbukti dengan adanya pertumbuhun ekonomi yang diiringi dengan pertumbuhan demand listrik yg lebih tinggi dari perkiraan kami,” ujarnya.

Darmawan menjelaskan pada 2020 pertumbuhan listrik minus 0,79%, sementara pada 2021 bertumbuh sebesar 5,77%.

Tren pemulihan semakin tampak dari kinerja penjualan listrik semester I tahun 2022 yang bertumbuh sebesar 7,2% dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya.

Akibat pandemi Covid-19, dalam Rencana Usaha Penyediaan Tenaga Listrik (RUPTL) 2021-2030 pertumbuhan demand listrik diproyeksikan hanya 4,9% per tahun.

“Yang tadinya hanya sekitar 3%-4%, kali ini bisa di atas 5% pertumbuhan demand listriknya,” jelasnya.

General Manager PLN Distribusi Jawa Tengah dan DIY, Irwansyah Putra menambahkan dalam mendukung konser tersebut, PLN menerapkan skema pasokan berlapis.

Selain dipasok dari sistem kelistrikan, PLN juga menyiagakan 3 unit Uninterruptible Power Supply (UPS) 100 kilovolt ampere (kVA) dan 80 kVA, 5 unit genset 500 kVA dan 250 kVA, unit gardu bergerak, dan 3 unit kabel bergerak disiagakan PLN.

Perlengkapan itu dilengkapi dengan ACOS ( Automatic Change Over Switch) sehingga apabila sumber listrik utama mengalami gangguan bisa segera dipindahkan ke sumber listrik cadangan secara otomatis.

“Kebutuhan konser ini hanya 1,5 megawatt (MW). Sementara sistem kelistrikan yang menaungi Solo itu daya mampunya 800 MW dengan surplus daya 583 MW. Meski melimpah pasokan listriknya, kami tetap siapkan skema khusus sebagai backup,” jelas dia.

Daftar dan berlangganan Espos Plus sekarang. Cukup dengan Rp99.000/tahun, Anda bisa menikmati berita yang lebih mendalam dan bebas dari iklan dan berkesempatan mendapatkan hadiah utama mobil Daihatsu Rocky, sepeda motor NMax, dan hadiah menarik lainnya. Daftar Espos Plus di sini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Solopos.com - Panduan Informasi dan Inspirasi

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Berita Terkini

      BRI Sampaikan Belasungkawa kepada Korban Kerusuhan Kanjuruhan Malang

      PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk sebagai titling sponsor BRI Liga 1 menyampaikan duka cita dan rasa belasungkawa atas meninggalnya sejumlah suporter Arema FC dan anggota kepolisian dalam kerusuhan yang terjadi di Stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur.

      Peringatan Hari Batik Nasional di Solo, Momentum Mewujudkan Misi Regenerasi

      Berbagai elemen masyarakat, pejabat, dan pelaku usaha batik di Solo beramai-ramai merayakan Hari Batik Nasional 2022 yang jatuh pada Sabtu (1/2/2022). Festival, tour museum batik, hingga pameran batik digelar. 

      Usung Kearifan Lokal dalam Interior, Kereta Cepat Bisa Melaju 350 Km/Jam

       Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memastikan kesiapan Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) menjelang pelaksanaan showcase Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20.

      Minggu Ada Tambahan! Cek Jadwal Lengkap KRL Commuterline Solo-Jogja Hari Ini

      Informasi jadwal keberangkatan Commuterline atau yang lebih dikenal KRL Solo-Jogja perlu diketahu bagi para pelaju dan warga yang ingin jalan-jalan. 

      Bersejarah! Pertamina Group Pasok Bahan Baku Biodiesel ke Eropa

      Permintaan GDC di Uni Eropa terbagi dalam dua kategori yakni base CPO sekitar 150.000 metrik ton per tahun dan base UCO 300.000-500.000 metrik ton per tahun.

      Kolaborasi BRI dan Majoo Permudah Transaksi Nontunai, Termasuk Integrasi QRIS

      Kerja sama BRI dengan Majoo terbagi menjadi tiga hal, salah satunya integrasi QRIS Dynamic BRI yang dapat dimunculkan pada POS Majoo.

      Buy Limit dan Buy Stop: Mana yang Lebih Baik?

      Ketimbang terus memantau harga, investor dapat menetapkan buy limit atau buy stop pada trading yang berlangsung. Ketahui mana yang terbaik di bawah ini.

      Baru 22.867 Merchant yang Tergabung Solo Great Sale 2022

      Total 22.867 merchant SGS 2022 yang sudah tergabung, kategori pasar tradisional yang paling mendominasi.

      Pemerintah Perpanjang Subsidi Kedelai Rp1.000 per Kilogram hingga Desember 2022

      Program memperpanjang subsidi kedelai untuk menjaga stabilitas harga kedelai di tingkat pengrajin yang saat ini mengalami kenaikan hingga Rp13.000 per kilogram.

      Berikut Daftar Lengkap Harga BBM Jenis Pertamax Terbaru di Seluruh Indonesia

      Harga Pertamax di seluruh Indonesia berbeda-beda. Di wilayah Jawa, Bali, NTT, dan NTB, harga Pertamax turun Rp600 per liter. Kalimantan, Sulawesi, Maluku, dan Papua, Papua Barat harga Pertamax turun Rp650 per liter.

      Sasar Konsumen yang Batasi Gula, Yakult Light Diluncurkan

      PT Yakult Indonesia Persada meluncurkan produk baru, Yakult Light yang merupakan varian dari Yakult Original dengan kandungan gula lebih sedikit.

      Hari Ini Sabtu 1 Oktober 2022, Harga Pertamax Turun Jadi Rp13.900 per Liter

      Harga Pertamax turun dari Rp14.500 per liter menjadi Rp13.900 per liter mulai Sabtu (1/10/2022)

      Ayo Jalan-Jalan! Cek Jadwal Lengkap KRL Commuterline Solo-Jogja Hari Ini

      Informasi jadwal keberangkatan Commuterline atau yang lebih dikenal KRL Solo-Jogja perlu diketahu bagi para pelaju dan warga yang ingin jalan-jalan. 

      Berwisata Pakai Kebaya, The Sunan Hotel Solo Dukung #Kebaya Goes to Unesco

      The Sunan Hotel Solo kembali melakukan gerakan kampanye dukung #Kebaya Goes To Unesco.

      BRI Kembali Buka BFLP IT untuk Cari Talenta Unggul di Bidang IT

      Untuk terus bertumbuh menjadi perusahaan kelas dunia, BRI terus menjalankan program rekrutmen untuk mendapatkan SDM unggul di bidang IT melalui BFLP IT.