Konser Dream Theater di Solo Pakai Listrik dari PLN, Lebih Murah Lho

Konser Dream Theater di Stadion Manahan Solo, Rabu (10/8/2022), mendapat dukungan listrik andal dari PT PLN, bukan genset.

 UPS mobile untuk mendukung layanan prima PLN pada konser Dream Theater di Stadion Manahan Solo, Rabu (10/8/2022). (Istimewa)

SOLOPOS.COM - UPS mobile untuk mendukung layanan prima PLN pada konser Dream Theater di Stadion Manahan Solo, Rabu (10/8/2022). (Istimewa)

Solopos.com, SOLO — General Manager PT PLN Unit Induk Distribusi Jateng dan Jogja, Muhammad Irwansyah Putra, menjelaskan penggunaan listrik PLN mampu menghemat biaya penyelenggaraan konser Dream Theater di Manahan Solo. Listrik dari PLN terhitung lebih murah ketimbang menggunakan genset.

“Per 1 Kwh dari PLN sekitar Rp1.800 add any cost. Kalau genset dari energinya saja yang dia bangkitkan pakai BBM, untuk yang paling bagus 0,275 liter per kWh. Kalau harga BBM Rp8.000, dibagi empat sudah Rp2.000. Itu baru harga BBM-nya, belum operatornya,” terang Irwansyah kepada wartawan di Hotel Alila Solo, Selasa (9/8/2022) petang.

PromosiNimo Highland, Wisata Hits di Bandung yang Mirip Santorini Yunani

Bila menggunakan tegangan listrik langsung dari PLN, menurut Irwansyah, event organizer atau promotor tidak perlu lagi memikirkan berapa jumlah operatornya. “Kalau ke PLN kan berapa operatornya sudah ndak urusan, yang penting berapa kWh-nya. Bagaimana PLN mem-backup bukan lagi urusan dia [promotor],” tuturnya.

Artinya, Irwansyah melanjutkan dengan menggunakan tegangan listrik dari PLN dapat menekan biaya yang dikeluarkan. Berbeda bila para EO atau promotor menggunakan genset yang bukan milik mereka alias sewa. Dia mengungkapkan selama ini para EO atau promotor takut menggunakan jasa PLN.

Mereka lebih memilih menggunakan genset sebagai pembangkit tenaga listriknya. Kondisi itu diakui dan disadari oleh jajaran petinggi PT PLN. “Sekarang kami menjamin ini jelas akan mengurangi biaya dari pelaksanaan kegiatan yang besar. Suplai utamanya dari PLN, backup kedua dari PLN, genset backup ketiga keempat,” ujarnya.

Baca Juga: Dukung Konser Dream Theater di Solo, PLN Berikan Layanan Istimewa

Layanan Andal

Menurut Irwansyah, PLN mulai masuk ke kegiatan-kegiatan seperti konser termasuk pada konser band sekaliber Dream Theater di Solo untuk membuktikan kepada masyarakat bahwa perusahaan pelat merah tersebut mampu. PT PLN memberikan layanan andal tanpa gangguan kedip tegangan listrik.

“Saat ini kami sudah dapat menyuplai sebagai sumber utama, kemudian kita backup dengan ACOS untuk penjulang kedua yang masuk ke dalam arena kegiatan. Kemudian peralatan sensitif tanpa kedip kami backup dengan UPS,” katanya.

Ke depan, Irwansyah berharap para EO tidak lagi khawatir untuk menggunakan jasa PLN dalam berbagai event yang digelar. Sebab selain layanan prima tanpa kedip tegangan, para EO tidak perlu repot harus membawa atau menyewa genset.

Baca Juga: Baru Tiba di Solo, Personel Dream Theater Langsung Tanya Kuliner Khas

Beberapa waktu terakhir PLN telah mendukung berbagai kegiatan berkelas seperti G20 di Jogja, Solo, Bali, dan Lombok. Juga event MotoGP di Mandalika dan ASEAN Para Games (APG) di Solo. “Kami sebagai suplai utama energinya,” tegasnya.

Ihwal genset yang juga disiapkan PT PLN dalam konser Dream Theater di Solo, menurut Irwansyah sekadar sebagai antisipasi terjadinya force majeure. “Pesan moral ke depan bahwa EO tak perlu bawa bawa-bawa genset,” urainya.

Daftar dan berlangganan Espos Plus sekarang. Cukup dengan Rp99.000/tahun, Anda bisa menikmati berita yang lebih mendalam dan bebas dari iklan dan berkesempatan mendapatkan hadiah utama mobil Daihatsu Rocky, sepeda motor NMax, dan hadiah menarik lainnya. Daftar Espos Plus di sini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Solopos.com - Panduan Informasi dan Inspirasi

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Berita Terkini

      Kenalkan Dunia Kerja, Solocom Adakan Kunjungan Industri ke Solopos

      Kunjungan Solocom diikuti sebanyak 22 peserta Program Kecakapan Kerja (PKK) dimana ini merupakan program kursus komputer gratis dari pemerintah.

      Solopos Hari Ini: Bertaruh Keselamatan di Bengawan

      Kehadiran jembatan sasak yang menghubungkan Solo dan Sukohario menjadi dilema karena berisiko tinggi, namun juga menjadi jalur alternatif di tengah macetnya lalu lintas akibat pembangunan fisik yang nyaris tanpa jeda.

      Mantap Nih! Farel Prayoga bakal Tampil di Perayaan Hari Batik Nasional di Solo

      Penyanyi cilik ternama Farel Prayoga djadwalkan memeriahkan perayaan Hari Batik Nasional di Loji Gandrung, Solo, Jawa Tengah.

      Stok Darah PMI Sragen Hari Ini 1 Oktober 2022

      Informasi mengenai stok darah di PMI Sragen hari ini, Sabtu (1/10/2022), bisa disimak di sini.

      Stok Darah PMI Karanganyar Hari Ini 1 Oktober 2022

      Informasi mengenai stok darah di PMI Karanganyar hari ini, Sabtu (1/10/2022), bisa disimak pada artikel ini.

      Kemendikbudristek Tetapkan Manuskrip Imam Tabbri Jadi WBTB Pertama Asal Sragen

      Manuskrip Kitab Primbon Imam Tabbri menjadi WBTB pertama di Sragen

      Manuskrip Kitab Primbon asal Sragen Diusulkan Sebagai Warisan Budaya Tak Benda

      Kitab Primbon Haji Tabbri dulunya disampaikan dalam tradisi sorongan di Pondok Pesantren Haji Tabbri di Desa Donoyudan, Kecamatan Kalijambe.

      Agenda Solo Hari Ini: Event Batik di Mana-Mana, Ada Acara Makan Gratis juga

      Agenda Kota Solo hari ini, Sabtu (1/10/2022), cukup padat dengan berbagai acara memperingati Hari Batik Nasional yang digelar di beberapa tempat.

      Harga Pertamax di Sragen Turun, Pengelola SPBU Lakukan Penyesuaian Totem

      Pengelola SPBU di Sragen langsung menyesuaikan di seluruh peralatan SPBU setelah ada pengumuman penurunan harga Pertamax mulai Sabtu (1/10/2022).

      Prakiraan Cuaca Sragen Hari Ini 1 Oktober 2022, Tak Bersahabat

      Informasi mengenai prakiraan cuaca Sragen hari ini, Sabtu (1/10/2022), bisa Anda baca pada artikel ini.

      Prakiraan Cuaca Karanganyar Hari Ini 1 Oktober 2022, Siang Hujan Lebat

      Info lengkap prakiraan cuaca Karanganyar hari ini, Sabtu (1/10/2022), bisa Anda simak di sini.

      Prakiraan Cuaca Wonogiri Hari Sabtu Ini: Hujan Siang-Malam

      Prakiraan cuaca Wonogiri hari ini Sabtu 1 Oktober 2022 tersaji dalam artikel ini secara lengkap.

      Prakiraan Cuaca Solo Hari Ini Sabtu 1 Oktober, Hujan Lagi Siang sampai Malam

      BMKG dalam prakiraan cuaca untuk hari Sabtu (1/10/2022) memprediksi Solo bakal hujan lagi sejak siang hingga malam.

      Jangan Lupa Bawa Payung! Prakiraan Cuaca Boyolali Hari Ini akan Hujan Lebat

      Prakiraan cuaca Boyolali hari ini, Sabtu (1/10/2022) yakni berawan pada pagi hari, kemudian hujan lebat mulai sore hingga malam hari.

      Hati-Hati di Jalan Ya, Prakiraan Cuaca Sukoharjo Hari Ini Hujan sejak Siang

      Prakiraan cuaca Sukoharjo hari ini pada Sabtu (1/10/2022) menurut prakiraan BMKG dimulai berawan hujan sejak siang hari