SOLOPOS.COM - Penampilan Ardhito saat menyanyikan lagu Tak Ada Cinta Yang Lain dalam konser A Night at The Orchestra Chapter 4 Dewa 19 di Edutorium UMS Solo, Jawa Tengah, Sabtu (27/5/2023). (Solopos/Joseph Howi Widodo)

Solopos.com, KARANGANYAR — Konser musik yang rutin digelar di Soloraya secara signifikan menambah keterisian hotel-hotel di Soloraya.

Public Relations Manager Lorin Solo Hotel, Dhani Wulandari, mengatakan jika artis yang menggelar konser di Solo memang artis yang banyak diminati masyarakat, maka okupansi hotel meningkat hampir menyentuh 100%.

Promosi Telkom Apresiasi Wahyu, Warrior Telkom Akses yang Viral karena Bantu Petani

“Kaya semisal Deep Purple kemarin atau Dewa 19 memang berpengaruh ke okupansi kami,” ujar Dhani saat dihubungi Solopos.com, Selasa (6/6/2023).

Dhani juga mengatakan menjelang konser Ari Lasso yang akan digelar, Sabtu (10/6/2023) mendatang, okupansi Lorin Solo Hotel sudah di angka 50% dan diprediksi akan meningkat lagi menjelang akhir pekan.

Sementara itu okupansi Syariah Hotel Solo yang masih satu grup dengan Lorin Solo Hotel masih belum tinggi. Tetapi Dhani menunggu satu dua hari ke depan untuk keterisian kamar-kamar Syariah Hotel Solo.

Mengingat, pemesanan kamar hotel oleh penonton konser di Solo biasanya hanya saat last minute atau spontan.

Dia menuturkan tren penginap spontan atau last minute ini biasanya dari tamu-tamu free individual traveler (FIT) atau selain pasar group dari meetings, incentives, conferences, and exhibitions (MICE).

Dhani mengatakan tamu instan juga termasuk tamu-tamu keluarga yang biasa memesan kamar lewat online travel agent (OTA).

Dia mengatakan penyelenggaraan konser di Soloraya sudah bagus, tetapi akan lebih baik dalam penyelenggaraannya jika memberikan bundling room dengan menggaet hotel-hotel di sekitar venue konser.

Dhani juga menjelaskan penginap hotel saat konser didominasi dari Jakarta dan Jawa Timur yang hanya menginap sehari.

Public Relation Ramada Suites Hotel, Kama Kharismawisesa Priyayudha, mengatakan ada perkiraan peningkatan okupansi 20% menjelang konser Ari Lasso Sabtu besok.

“Biasanya saat hari-H baru kelihatan,” ujarnya saat dihubungi Solopos.com, Selasa.

Sementara itu, Public Relation Executive Swiss-Belhotel Solo, Paulina Yuga Delfia, mengatakan okupansi hotel mereka tidak terlalu terdampak akibat konser yang rutin digelar di Solo.

Namun saat libur long weekend kemarin, okupansi Swiss-Belhotel penuh dari tamu-tamu FIT dengan didominasi segmen keluarga dari luar kota. “Kebanyakan dari Jabodetabek, Surabaya, dan Semarang,” ujar Paulina kepada Solopos.com, Selasa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya