SOLOPOS.COM - Peserta lomba lari 21K meninggalkan garis start pada Konimex Run For Health di Sentra Niaga, The Park Mall, Solo Baru, Sukoharjo, Minggu (14/5/2017). (Nicoulus Irawan/JIBI/Solopos)

Konimex Run For Health sukses digelar.

Solopos.com, SOLO — Konimex Run For Health sukses digelar Minggu (14/5/2017) pagi. Diikuti ribuan pelari, Konimex mengajak menyehatkan lingkungan.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Mengenakan kaos merah dan celana hitam, Indra, 36, tampak terus menggerakkan semua badannya secara bergantian. Terutama bagian kakinya. Pria asal Surabaya tersebut sesekali melakukan gerakan berlari kecil di tempat, diselingi dengan gerakan peregangan.

Dia berada sekitar dua meter di belakang garis start Konimex Run for Health kelas 21 kilometer, Minggu (14/5/2017) di kawasan Sentra Niaga The Park, Solo Baru, Sukoharjo. Di depannya sudah disesaki peserta lari lainnya.

Ekspedisi Mudik 2024

Begitu pula di belakangnya. Indra mengaku tujuan utamanya mengikuti kegiatan tersebut bukan untuk merebut juara, namun untuk bersenang-senang dan mendapatkan pengalaman. Dia pun datang bersama keluarganya.

Waktu menunjukkan pukul 05.00 WIB. Suasana masih gelap. Beberapa lampu pun dibutuhkan untuk menerangi lokasi pembukaan acara itu. Namun semangat dan antusias para peserta Konimex Run for Health terlihat cukup tinggi.

Seperti Indra, peserta lain pun tampak bersemangat melakukan gerakan pemanasan sebelum acara dimulai. Ada pula yang terlihat khusuk menundukkan kepala sambil menadahkan kedua tangannya.

Sekitar lima menit setelahnya, Bupati Sukoharjo, Wardoyo Wijaya, yang didampingi Direktur PT. Konimex, Rachmadi Joesoef, membuka kegiatan Konimex Run for Health kelas 21 kilometer.

“Semoga semua berjalan lancar,” ujar Wardoyo sebelum mengangkat bendera. Tak menunggu lama, setelah hitungan ketiga dan bendera diangkat, para peserta pun mulai berlari mengikuti rute yang telah disiapkan.

Rute yang disiapkan untuk lari 21 kilometer yaitu melalui Jl. Ir. Soekarno menuju arah utara, kemudian melalui jalan Baki-Solo dan Jl. Onvensari Raya hingga ke wilayah Gawok. Selanjutnya pelari melewati jalan Desa Gedongan dan desa Langenharjo kemudian kembali masuk ke Jl. Ir. Soekarno dan berakhir di kawasan The Park.

Setelah pelepasan pelari 21 kilometer, Bupati juga melepas pelari 10 kilometer dan 5 kilometer serta kids fun run. Kegiatan tersebut diikuti semua kalangan masyarakat baik dari Sukoharjo, Solo, Klaten, Kudus, Surabaya dan sebagainya.

Salah satu warga Sukoharjo, Rudi, 37, tertarik mengikuti kegiatan tersebut karena ingin mendapatkan pengalaman sekaligus melatih stamina.

“Tidak ada persiapan khusus. Saya juga baru mendaftar semalam. Coba ikut, tapi untuk 10 kilometer saja,” kata dia saat ditemui Solopos.com seusai melalui garis finis. Menurutnya rute yang disiapkan untuk kegiatan tersebut cukup mudah untuk ditakhlukkan. Dia pun mengaku dapat melalui rute dengan kondisi fisik yang stabil.

Selain masyarakat, kegiatan tersebut juga dimeriahkan oleh para penggiat lari. Di antaranya adalah musisi dab pelari, Fajar Arifan, yang turut dalam lari 21 kilometer dan atlet lari gawang Indonesia, Dedeh Erawati, yang ikut pada lari 5 kilometer.

Pengalaman Luar Biasa

Bagi Dedeh, kegiatan Konimex Run for Health menjadi pengalaman yang luar biasa. “Sepanjang jalan, luar biasa. Tidak terasa lari sejauh 5 kilometer, biasanya kan saya lari 100 meter. Di sepanjang jalan, di belokan, masyarakatnya ada di luar rumah menyemangati kami. Jadi, asyik saja, jadi tambah semangat,” kata dia saat ditemui Solopos.com.

Dedeh mengaku sangat tertarik dengan kegiatan tersebut karena selain mengajak masyarakat berlari untuk menyehatkan tubuh, Konimex Run for Health juga menyehatkan lingkungan masyarakatnya dengan membangun sanitasi. “Semoga semakin banyak acara seperti ini,” kata dia.

Selain Dedeh, pada lari 5 kilometer juga diikuti Direktur PT. Konimex, Rachmadi Joesoef. Dia pun merasa bangga dapat bergabung dengan masyarakat menyusuri rute lari yang digelar untuk memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-50 PT. Konimex.

“Saya merasa senang sekali. Masyarakat juga terlihat sangat antusias. Kegiatan lari 21 kilometer ini baru pertama kali di Sukoharjo. Pesertanya 2.600, jadi ini luar biasa,” kata dia saat ditemui Espos usai kegiatan berlari. Dia juga mengucapkan terima kasih kepada semua masyarakat yang turut berpartisipasi dalam kegiatan tersebut. Dia juga mengucapkan terima kasih untuk semua pihak yang telah mengiringi perjalanan PT. Konimex selama ini. “Semoga terus tumbuh bersama dan sehat bersama,” kata dia.

Kegiatan Konimex Run for Health merupakan bagian dari kontribusi PT. Konimex untuk menyukseskan proyek sanitasi sekolah. Setiap 230 kilometer jarak lari yang ditempuh akan dikonversi menjadi pembangunan satu buah toilet di Sekolah Dasar di Sukoharjo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya