SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, JAKARTA — Kongres V Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) pekan ini akan menjadi panggung bagi Megawati Soekarnoputri dan pemenang Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019, yakni pasangan Joko Widodo-Ma’ruf Amin.

Ketua DPD PDIP Jawa Barat Ono Surono memastikan Kongres V akan menetapkan Megawati sebagai Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat PDIP periode 2019-2024. Di samping agenda internal, Kongres V juga memantapkan posisi PDIP sebagai partai politik penguasa yang menghantarkan jagoannya memenangkan Pilpres 2019.

Promosi Digitalisasi Mainkan Peran Penting Mendorong Kemajuan UMKM

“PDI Perjuangan mendukung sepenuhnya Presiden Joko Widodo bersama K.H. Ma’ruf Amin untuk menjalankan pemerintahan Indonesia 5 tahun ke depan,” katanya kepada Bisnis/JIBI, Senin (5/8/2019).

Tak hanya itu, Ono mengatakan Kongres V bakal menjadi penegas kontribusi PDIP dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Guna menjalankan perannya itu, anggota Komisi IV DPR ini menyebutkan PDIP tetap berpijak pada ajaran Trisakti Bung Karno.

“PDI Perjuangan sebagai partai pelopor, solid bergerak untuk Indonesia Raya baik melalui peran di eksekutif dan legislatif serta lembaga lainnya,” ujarnya.

Sesuai AD/ART, kongres merupakan kekuasaan tertinggi di PDIP yang dihadiri oleh utusan-utusan dewan pimpinan daerah (DPD) dan dewan pimpinan cabang (DPC). Salah satu kewenangan kongres adalah menetapkan ketua umum.

Sebelum melaksanakan forum tertinggi tersebut, PDIP telah menggelar konferensi daerah (konferda) untuk memilih personalia DPD dan konferensi cabang (konfercab) untuk memilih personalia DPC. Seluruh pengurus tingkat provinsi maupun kabupaten/kota se-Indonesia sepakat meminta kesediaan Megawati kembali memimpin PDIP dalam Kongres V.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya