SOLOPOS.COM - Gatot S. Dewa Broto (Antarafoto)

Kongres PSSI akhirnya digelar di Jakarta.

Solopos.com, JAKARTA – Setelah terjadi polemik antara Kementrian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) dengan Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) terkait tempat pelaksanaan kongres, akhirnya kini keduanya menemui kata sepakat. Kongres PSSI untuk memilih kepengurusan baru periode 2016-2020 disetujui digelar di Jakarta.

Promosi Santri Tewas Bukan Sepele, Negara Belum Hadir di Pesantren

“Pemerintah sebenarnya tetap berharap di Yogyakarta. Namun, setelah ada pertimbangan dan dasar kepentingan yang lebih besar, maka kongres tetap berjalan sesuai jadwal. Bukan di Yogyakarta atau Makassar, tapi di Jakarta,” kata Kepala Komunikasi Publik Kemenpora, Gatot S. Dewa Broto, dilansir Antaranews, Rabu (12/10/2016).

Seperti diketahui, PSSI sebenarnya hendak menggelar Kongres di Makassar. Namun Kemenpora merekomendasikan kongres digelar di Yogyakarta. Perbedaan pendapat antara dua induk organisasi ini memunculkan polemik.

Hingga kini akhirnya PSSI dan Kemenpora sepakat menggelar Kongres PSSI di Jakarta. Kesepakatan itu dicapai setelah digelarnya pertemuan singkat antara Menpora Imam Nahrawi, Plt Ketua Umum PSSI Hinca Panjaitan, Sekjen PSSI Azwan Karim dan Komite Pemilihan PSSI Agum Gumelar di Kantor Kemenpora.

“Pertemuan berlangsung dengan baik. Setelah menjelaskan masing-masing latar belakang, maka semuanya memahami,” imbuh Gatot.

Keputusan tersebut diharapkan tidak memunculkan polemik lagi. Namun demikian, PSSI sebagai induk organisasi sepak bola nasional harus melakukan komunikasi ulang dengan Federeasi Sepakbola Asia (AFC) dan Asosiasi Federasi Sepakbola Internasional (FIFA).

“Tugas saya adalah mengkomunikasi hasil pertemuan ini di ke Exco [Komite Eksekutif PSSI]. Selanjutnya, hasil ini akan dirapatkan kembali. Yang jelas, kami memang harus bergerak cepat,” jelas Sekretaris Jenderal PSSI, Azwan Karim, seusai pertemuan.

Terkait komunikasi ulang dengan AFC dan FIFA, menurut dia, pihaknya tidak ingin apa yang dilakukan berbenturan dengan aturan organisasi yang ada. Apalagi, AFC dan FIFA sebelumnya dijadwalkan akan menghadiri Kongres PSSI di Makassar.

Jika dilihat dari tahapan yang akan dilakukan PSSI, maka keputusan terakhir bakal ada ditangan Exco, AFC dan FIFA. Hanya saja jika komunikasi terjadi jalan buntu (deadlock), maka peluang kongres diundur selama delapan pekan sesuai dengan statuta cukup terbuka.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya