Tutup Iklan

KONFLIK TIMUR TENGAH : Serangan saat Prosesi Pemakaman di Yaman, 140 Orang Tewas

KONFLIK TIMUR TENGAH : Serangan saat Prosesi Pemakaman di Yaman, 140 Orang Tewas

SOLOPOS.COM - Serangan di acara pemakaman tewaskan 140 orang (Reuters)

Konflik Timur Tengah di Yaman terus menimbulkan korban jiwa. Serangan yang dilakukan saat prosesi pemakaman menewaskan 140 orang.

Solopos.com, SANAA – Sedikitnya 140 orang terbunuh dan lebih dari 500 orang terluka ketika serangan udara menyasar sebuah acara pemakaman di ibu kota Yaman, Sanaa, Sabtu (8/10/2016) petang.

Kelompok pemberontak yang telah mengambil alih Sanaa menuding pesawat tempur koalisi pimpinan Arab Saudi mendaratkan serangan di sebuah aula di Jalan al-Khamseen itu. Pihak koalisi membantah tuduhan tersebut.

“Laporan sementara dari pejabat medis di Sanaa mengindikasikan lebih dari 140 orang tewas dan 525 orang terluka,” kata Kantor Koordinasi Urusan Kemanusiaan PBB (OCHA) dalam sebuah penyataan.

Sementara menurut Ghazi Ismail yang bertindak sebagai menteri kesehatan ala pemerintahan Houthi di Sanaa menuturkan korban tewas tercatat sedikitnya 82 orang. Alasan perbedaan jumlah tersebut masih belum jelas. Ia mengatakan serangan terjadi saat pemakaman ayah dari menteri dalam negeri pemerintahan Houthi, Jalal al-Roweishan.

“Agresi Saudi berkomitmen atas sebuah kejahatan besar hari ini [Sabtu] dengan menyerang sebuah acara berkabung untuk keluarga al-Roweishan, menargetkan warga sipil di aula itu,” kata Ismail dalam sebuah konferensi pers di Sanaa.

Seorang sumber dari pihak koalisi membantah pihaknya berperan dalam serangan itu. “Benar-benar tidak ada operasi di lokasi. Koalisi mengetahui laporan tersebut dan yakin sebab lain pengeboman yang harus di pertimbangkan. Koalisi sebelumnya telah menghindari acara seperti itu dan mereka [warga sipil] tidak pernah dijadikan target,” kata koalisi dalam sebuah penyataan.

Selain Houthi, Yaman juga menghadapi militan al Qaeda di Semenang Arab (AQAP). Menurut Badan PBB untuk urusan anak-anak (UNICEF) hampir tiga juta orang di Yaman membutuhkan pasokan makanan secepatnya. Dilaporkan pula sekitar 1,5 juta anak kekurangan gizi dengan 370.000 di antaranya pada tingkat sangat parah.

 

 

Berita Terkait

Berita Terkini

Horornya Jalan Tol KM 542 Sragen: 8 Bulan, 3 Kecelakaan, 3 Nyawa Melayang

Kecelakaan kembali terjadi di jalan tol Solo-Kertosono, tepatnya di KM 542.200 jalur A di Desa Bumiaji, Gondang, Sragen.

Layanan 5G Hadir di Solo, Pelayanan Publik Bisa 24 Jam

Peluncuran layanan 5G Indosat Ooredoo di Solo kian mendukung kota ini menjadi kota pintar atau smart city.

Terbentur Undang-Undang, Kemenag Solo Tak Keluarkan Izin Tempat Belajar Anak-Anak Perusak Makam di Mojo

Kemenag Kota Solo memastikan tidak mengeluarkan izin keberadaan kuttab atau lembaga pendidikan anak usia dini di Mojo, Pasar Kliwon.

Rumah di Pinggir Jalan Raya Bikin Pusing? Coba Tips Ini

Tanam saja tanaman perdu yang daunnya berwarna-warni. Selain bisa meredam suara berisik, adanya tanaman ini bisa memperindah rumah di pinggir jalan.

7 Rekomendasi Mobil Murah di Bawah Rp100 Juta yang Terjangkau

Dengan harga yang terjangkau, Anda bisa mendapatkan berbagai alternatif mobil murah di bawah Rp100 juta yang cocok untuk kantong Anda.

Warga Sragen Buktikan Ivermectin Ampuh Jadi Obat Covid-19, 5 Hari Mengonsumsi Langsung Negatif

Mantan Bupati Sragen, Untung Wiyono, mempromosikan Ivermax 12 atau Ivermectin sebagai obat penyembuh Covid-19. Obat itu diklaim ampuh.

Mantan Bupati Sragen Promosikan Ivermectin Sebagai Obat Covid-19, Terbukti Ampuh?

Bupati Sragen periode 2001-2011, Untung Wiyono, mempromosikan Ivermax 12 atau Ivermectin sebagai obat penyembuh Covid-19. Obat itu diklaim ampuh.

Kasus Kematian Covid Tanpa Komorbid Tinggi

Angka kematian pasien Covid-19 di Klaten masih tinggi. Tak hanya pasien dengan komorbid atau penyakit penyerta, pasien yang meninggal tanpa komorbid sebesar 35%.

Vaksin Bikin Tubuh Aman dari Covid-19? Cek Faktanya

Vaksin Covid-19 bukanlah satu-satunya alat yang dapat melindungi tubuh dari infeksi virus corona.

Dua Juru Parkir Liar di Kota Madiun Diringkus Polisi

Dua juru parkir liar ditangkap Polres Madiun Kota dalam pemberantasan aksi premanisme dan pungli.

Duh! Petani Tembakau di Klaten Terancam Gagal Panen Gara-Gara Cuaca Tak Menentu

Sejumlah petani tembakau di Klaten dilanda kegalauan. Cuaca yang tak menentu mengakibatkan tanaman tembakau tak tumbuh secara optimal.

Isolasi Lokal di Gedawung Baturetno Wonogiri Selesai, Warga Siraman Pakai Air Kendi

Isolasi lokal yang diterapkan di Dusun Gedawung, Desa Saradan, Kecamatan Baturetno, Wonogiri telah selesai, Selasa (22/6/2021).