SOLOPOS.COM - Bana Al Abed (kanan). (Telegraph.co.uk)

Bana Al Abed berhasil dievakuasi dari wilayah konflik.

Solopos.com, ALEPPO – Gadis cilik Suriah Bana Al Abed, 7, berhasil dievakuasi dari Kota Aleppo. Bana merupakan “bintang” cilik dari Suriah yang dikenal selalu mengabarkan masyarakat dunia perang yang terjadi di negaranya melakui Twitter.

Promosi Keren! BRI Jadi Satu-Satunya Merek Indonesia di Daftar Brand Finance Global 500

Bana Al Abed termasuk dalam 3.000 warga sipil yang berhasil dievakuasi dari Aleppo menggunakan bus, Senin (19/12/2016) pagi. Evakuasi tersebut merupakan bagian dari kesepakatan antara pemberontak dengan rezim Suriah.

Ekspedisi Mudik 2024

Menurut Suriah American Medical Society (SAMS), keluarga Al Abed juga dilaporkan aman berada di di pedesaan sebelah barat Aleppo.

“Terima kasih Tuhan, Bana Al Abed aman dengan keluarganya setelah dievakuasi dari kotanya. Dia selamat dari kepungan, bom, dan apatis,” kata Dr Zaher Sahloul dari SAMS, sebagaimana dilansir Telegraph, Senin.

Perjanjian yang dilakukan oleh pemberontak dan rezim Suriah memungkinkan warga sipil meninggalkan daerah pemberontak. Mereka setuju membiarkan warga sipil mengungungsi.

Bana Al Abed menjadi perhatian dunia setelah ibunya, Fatemah membuat akun Twitter pada September lalu dan rutin mengabarkan dunia suasana di negaranya yang terus digempur perang.

Kicauan Bana Al Abed memperlihatkan dirinya berserta keluarga harus hidup dan bertahan di bawah tekanan. Mereka juga harus berjuang mendapatkan makan setiap harinya.

Kengerian yang disebarkan oleh Bana Al Abed membuat warga dunia tergugah dan membuka mata untuk membantu korban perang di Suriah. Pekan ini mereka merekam video yang ditujukkan secara langsung kepada Michelle Obama memohon ibu negara itu untuk membantu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya