SOLOPOS.COM - Sejumlah pengurus, kader dan simpatisan DPC PDIP Karanganyar menyatakan sikap mendukung penuh Jokowi-JK dalam pertarungan Pemilihan Presiden (Pilpres) 2014 di gedung DPRD Karanganyar, Minggu (25/5/2014) malam. (Ponco Suseno/JIBI/Solopos)

Konflik PDIP Karanganyar, sesepuh PDIP memunculkan anggota Fraksi PDIP Rober untuk calon bupati Karanganyar mendatang.

Solopos.com, KARANGANYAR–Situasi di internal PDI Perjuangan (PDIP) Karanganyar kian memanas pascakemunculan sesepuh PDIP Bumi Intanpari, Gunawan Wiro Saroyo di acara halalbihalal anggota Fraksi PDIP DPRD Karanganyar, Rober Christanto, Selasa (11/8/2015) lalu.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Saat itu Gunawan menilai Rober adalah sosok yang layak dipertimbangkan untuk diusung PDIP dalam Pilkada Karanganyar beberapa tahun ke depan. Perolehan suara Rober yang mencapai 13.000 suara dinilai bukan prestasi main-main bagi seorang caleg baru.

Pernyataan tersebut disampaikan Gunawan di hadapan 1.000 konstituen Rober dan politikus senior PDIP Karanganyar, seperti Sumanto, dan Sri Hardjono. Pernyataan Gunawan dinilai tidak tepat secara momentum karena agenda Pilkada Karanganyar masih beberapa tahun lagi. Pendapat tersebut disampaikan pengurus DPC PDIP Karanganyar periode 2005-2010 dan periode 2010-2015, Bibit Suwanto, Jumat (14/8/2015).

“Saya sangat menyayangkan apa yang disampaikan Pak Gunawan. Situasi menjadi semakin keruh,” kata dia.

Penasihat Forum Penyelamat PDIP (FPP) Karanganyar tersebut menilai semestinya Gunawan memberikan sokongan moril kepada kader PDIP untuk tetap bersatu. Alasannya konflik pascapenyelenggaran konfercab masih terbawa-bawa sampai saat ini.

“Semestinya Pak Gunawan memberikan nasihat dan dorongan kepada kader untuk segera menyelesaikan masalah yang kian meruncing. Fokus pada konsolidasi internal dulu, ketimbang mewacanakan kandidat cabup-cawabup Pilkada Karanganyar,” ujar dia.

Lebih jauh Bibit mengkritisi pandangan Gunawan yang menilai Rober Christanto sebagai sosok yang layak diusung PDIP. Menurut Bibit loyalitas, kemampuan, dan kinerja Rober belum teruji. “Dia kader baru, pengalaman belum mencukupi sebagai pemimpin,” sambung dia.

Bibit meminta DPP PDIP segera turun tangan menyelesaikan bibit-bibit perpecahan di internal PDIP Karanganyar. Salah satu langkah yang bisa dilakukan DPP, menurut dia, segera memberikan SK pengangkatan pengurus terpilih DPC PDIP Karanganyar.

Terpisah, Ketua FPP Karanganyar, Hendardi Heru Santoso mengatakan pihaknya akan menghancurkan segelintir kader yang mencoba merusak dan memecah belah keluarga besar PDIP. Salah satu metodenya menurut dia dengan membentuk FPP di seluruh PAC.

Heru mengungkapkan perpecahan di internal PDIP karena ambisi jabatan segelintir elit partai. Dia menyerukan kepada pihak-pihak tersebut untuk kembali ke jalur ideologi dan mengedepankan kepentingan partai. “Mari kita besarkan kembali partai,” ajak dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya