SOLOPOS.COM - Zulkifli Hasan (JIBI/Solopos/Antara)

Konflik Partai Golkar merembet ke usulan pengajuan hak angket oleh DPR. Namun PAN tak mendukung hak angket.

Solopos.com, JAKARTA – Ketua Umum DPP Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan menyatakan PAN tidak ikut mendukung usulan hak angket untuk meminta penjelasan pemerintah terhadap keputusan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Yasona H. Laoly.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“DPP PAN tidak ikut usulan hak angket. Sudah begitu saja, tidak usah dikaitkan ke mana-mana,” kata Zulkifli di Gedung MPR/DPR/DPD, Jakarta, Kamis (26/3/2015).

Zulkifli enggan menjelaskan mengapa DPP PAN tidak mendukung usulan hak angket. Padahal partai-partai politik anggota Koalisi Merah Putih (KMP) menggulirkan usulan hak angket untuk meminta penjelasan pemerintah mengenai keputusan Menkumham.

Ketika ditanya sikap PAN itu tidak sejalan dengan partai-partai politik anggota KMP, Zulkifli enggan menjelaskan.

Ketua MPR RI itu mengatakan PAN tidak ingin menambah kegaduhan politik.

“Wakil rakyat di Senayan itu, seharusnya fokus menjalankan tugas-tugasnya sebagai wakil ralyat,” kata dia.

Zulkifli sebelumnya juga sudah memerintahkan kepada Fraksi PAN di DPR untuk mencabut hak angket terhadap Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok.

Pada usulan hak angket yang digulirkan KMP di DPR, tercatat ada dua anggota Fraksi PAN yang sudah ikut menandatangani usulan tersebut.

Usulan hak angket digulirkan oleh kepengurusan Partai Golkar hasil Munas Bali yang dipimpin Aburizal Bakrie.

Partai Golkar kubu Aburizal Bakrie mengusulkan hak angket karena menilai keputusan Menkum dan HAM yang menerbitkan surat untuk mengesahkan kepengurusan Partai Golkar hasil Munas Jakarta yang dipimpin Agung Laksono, adalah tindakan politik, bukan tindakan hukum.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya