SOLOPOS.COM - Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat salah satu simbol kebudayaan Solo(ilustrasi/dok/JIBI/Solopos)

Pengguna jalan melintasi kawasan Kori Kamandungan Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat. (Dok/JIBI/Solopos)

Pengguna jalan melintasi kawasan Kori Kamandungan Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat. (Dok/JIBI/Solopos)

Solopos.com, JAKARTA — Kemelut internal Keraton Solo yang sampai saat ini tak kunjung selesai membuat trah raja Keraton Solo Paku Buwono (PB) I-PB XII mengambil sikap dengan menggelar doa bersama di Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), Jakarta, Sabtu (30/11/201) sore.

Promosi 796.000 Agen BRILink Siap Layani Kebutuhan Perbankan Nasabah saat Libur Lebaran

Acara dengan konsep Haul Ageng mulai PB I-PB XII bakal dipimpin langsung Raja Keraton  Sampeyan Dalem Ingkang Sinuhun Kanjeng Susuhunan (SISKS) PB XIII.

Pengambilan lokasi doa bersama di Jakarta mengingat situasi di Keraton Solo masih memanas. Disamping itu, sebagian trah Kerajaan Mataram Islam berdomisili di Jakarta.

”Mestinya acara Haul Ageng [PB I-PB XII] dilaksanakan di Keraton Solo, tapi situasi di sana [Solo] tidak memungkinkan,” jelas trah PB XII, Gusti Pangeran Haryo (GPH) Suryo Wicaksono kepada Bisnis, Senin (25/11/2013).

Adik PB XIII yang akrab disapa Gusti Ninok ini menyatakan acara Haul Ageng baru kali pertama dilaksanakan. Pada tahun sebelumnya, pelaksanaan haul hanya difokuskan pada salah satu raja. Misalnya, acara haul PB X dilaksanakan di kota tertentu. Dan yang hadir hanya trah PB X.

”Kalau ini semua trah PB I sampai PB XII diundang untuk hadir. Termasuk [pengurus] Lembaga Dewan Adat juga kami undang. Tapi mau datang atau tidak kami tidak tahu,” jelas dia.

Selain semua kerabat Keraton Solo yang diundang, lanjut Gusti Ninok, penyelenggaraan Haul Ageng turut mengundang simpatisan, para pejabat, Ketua DPR RI Marzuki Alie dan lainnya. Semua orang yang mendapat gelar dari Keraton Solo, tuturnya, juga bakal diundang, baik dari kalangan budayawan, artis, legislatif dan eksekutif.

“Satu hal lagi, semua pihak yang pernah menyaksikan proses rekonsiliasi dua raja pada 2012 di Jakarta diharapkan bisa hadir dalam acara haul ini,” jelas Gusti Ninok yang berdomisili di Jakarta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya