SOLOPOS.COM - KGPHPA Tedjowulan (JIBI/SOLOPOS/Sunaryo Haryo Bayu)

Solopos.com, SOLO Isu penggagalan pengukuhan Mahapatih K.G.P.H. Panembahan Agung Tedjowulan, Minggu (25/8/2013) berembus.

Rencananya, Senin (26/8/2013), Tedjowulan akan dikukuhkan sebagai Mahapatih. Pada Minggu siang, di Sasana Mulya muncul puluhan orang berpakaian hitam-hitam.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Menantu Paku Buwono (PB) XII, Kanjeng Pangeran (K.P) Eddy Wirabhumi mengatakan tidak ada acara apapun pada Senin besok.

Sementara itu, juru bicara Keraton Solo Dwi Tunggal, Kanjeng Raden Harya (K.R.H) Bambang Pradotonagoro, mengatakan acara halalbihalal dan pengukuhan besok akan dilangsungkan di Keraton.

“Besok (Senin) memang ada acara di sana (Sasono Mulyo). Dan tadi ada 30-an orang di sana,” kata dia

Dengan keadaan tersebut, sejumlah warga Baluwarti dan petugas kepolisian turut bersiaga di area tak jauh dari lokasi.

“Kami tidak mengatakan upaya penggagalan, tapi di lokasi itu ada puluhan orang. Kalau mereka mau bersih-bersih ya enggak apa-apa. Yang pasti, acara besok harus berjalan dan tidak boleh ada pihak yang menghalangi,” papar Bambang.

Sampai saat ini belum ada pergerakan apapun. Namun sejumlah warga Baluwarti berkumpul di Suryo Hamijayan atau sisi barat Sasono Mulyo, Keraton.

“Kami warga Baluwarti dan Linmas sudah bersiaga. Saya berharap tidak ada pergerakan. Warga Baluwarti prinsipnya menunggu ugeman dari Sinuhun. Karena warga Baluwarti masih mempercayai Sinuhun (PB) XIII sebagai Raja Keraton,” paparnya.

Untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, pihaknya telah berkoordinasi dengan aparat kepolisian. “Biar kepolisian nanti yang bertindak kalau ada apa-apa,” pungkas Bambang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya