SOLOPOS.COM - Ilustrasi konflik di internal Kasunanan Surakarta Hadiningrat, Agustus 2013 lalu, sempat diwarnai hunusan senjata tajam. (Sunaryo Haryo Bayu/JIBI/Solopos)

Solopos.com, SOLO — Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) turun tangan mencoba menyelesaikan konflik Keraton Solo. Didampingi sejumlah menteri Kabinet Indonesia Bersatu II, SBY berunding dengan Paku Buwono (PB) XIII yang didampingi para kerabat keraton, termasuk Mahapatih K.G.P.H. Panembahan Agung Tedjowulan di Gedung Agung, Jogja, Minggu (23/2/2014).

Sejatinya bukan hanya SBY yang mencoba menuntaskan perseteruan Raja Solo dengan sebagian adik dan saudara iparnya itu. Mulai Wali Kota Solo Joko Widodo hingga F.X. Hadi Rudyanto, dari Gubernur Ganjar Pranowo sampai kini Presiden SBY sendiri. Nyatanya, kondisi lambang kelestarian budaya Jawa itu tak kunjung adem.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Berikut ini catatan Solopos.com tentang sejumlah mediasi yang pernah dilakukan demi penyelesaian konflik di lingkungan Kasunanan Surakarta Hadiningrat tersebut.

4 Juni 2012
Penandatanganan nota kesepahaman atau memorandum of understanding (MoU) rekonsiliasi Paku Buwono (PB) XIII Hangabehi dan KGPH PA Tedjowulan di Gedung DPR dengan mediator Walikota Solo, Joko Widodo

28 Agustus 2013
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo berubah pikiran. Setelah Selasa (27/8/2013) lalu menolak menjadi mediator karena khawatir dianggap mengintervensi perkara internal Kesunanan Surakarta, mendadak menyatakan kesiapan menjadi pemecah kebuntuan konflik di Keraton Solo itu.

3 Oktober 2013
Lembaga hukum Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat mengajukan permohonan mediasi kepada Ketua Pengadilan Negeri (PN) Solo. PN dinilai sebagai lembaga yang paling tepat menjadi mediator untuk menyelesaikan konflik Keraton Solo.

4 Oktober 2013
Wali Kota Solo F.X. Hadi Rudyatmo menjadi mediator dalam pertemuan kedua kubu di Bale Tawangarum, Balai Kota Solo.

15 Februari 2013
Menteri Pemuda dan Olahraga Roy Suryo memediasi pihak Pemerintah Kota Solo dan Keraton Solo di rumah dinas Wali Kota Solo Loji Gandrung.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya