SOLOPOS.COM - Ketua DPRD YF Sukasno (JIBI/SOLOPOS/Dok)

Solopos.com, SOLO — Ketua DPRD Solo, Y.F. Sukasno menegaskan sudah ada kesanggupan dari putra-putri PB XII untuk rukun.

“Kalau persoalan keraton menyangkut internal, ada paugeran dan sebagainya harapan Muspida dan Pak Wali Kota bisa diselesaikan di keraton. Mestinya, Sinuhun [Paku Buwono (PB) XII] yang memimpin karena sebagai raja,” katanya, Minggu (6/10/2013).

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Sukasno menyampaikan mediasi yang digelar tersebut lebih menekankan pada persetujuan pengakuan bahwa PB XIII sebagai raja di Keraton Solo. Hal itu juga sesuai dengan penugasan Mendagri yang diberikan kepada Wali Kota Solo untuk melakukan mediasi.

“Pak Wali mendapat tugas memfasilitasi Sinuhun tetap menjadi raja,” tambahnya.

Terkait gelaran kirab, Sukasno menuturkan hal itu dilakukan untuk menunjukkan jika sudah ada kesepakatan Hangabehi sebagai raja di Keraton Solo.

“Semua sudah mengakui Sinuhun sebagai raja. Proses ndereke Sinuhun dari Balai Kota ke keraton itu dimaksudkan untuk mengabarkan kepada seluruh masyarakat bahwa PB XIII sebagai raja di Keraton Solo,” terang dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya