SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, SOLO — Kalangan DPRD menilai Wali Kota Solo, F.X. Hadi Rudyatmo (Rudy), tak perlu berlebihan menanggapi tudingan surat Menteri Dalam Negeri (Mendagri) yang dijadikan dasar mediasi konflik Keraton Solo palsu.

Hal ini disampaikan kalangan DPRD menanggapi sikap Rudy yang berniat melaporkan pihak-pihak yang menuding surat tersebut palsu ke pihak berwajib.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Anggota Komisi IV DPRD Solo, Umar Hasyim, menuturkan pelaporan tersebut dikhawatirkan justru memperkeruh penyelesaian konflik keraton.

“Tidak perlu ngombro-ombro. Kalau mau melaporkan malah nanti menambah pekerjaan Pak Wali meski nanti praktiknya diurusi oleh Bagian Hukum dan HAM. Konsentrasi saja untuk pelayanan publik di Solo,” katanya saat ditemui di DPRD Solo, Rabu (30/10/2013).

Ihwal penyelesaian konflik, pihaknya menilai pemkot lebih baik menunggu kesediaan dari pihak keraton guna kelanjutan mediasi. Disampaikannya, sikap wali kota sudah tepat menjalankan instruksi dari Mendagri guna menyelesaikan konflik keraton.

“Kalau sekarang belum mau, ya sudah nanti saja. Pelan-pelan melakukan pendekatan. Memang untuk menyelesaikan persoalan di keraton butuh kesabaran,” terangnya.

Hal senada juga disampaikan Wakil Ketua DPRD Solo, Supriyanto. Semestinya, lanjut dia, langkah-langkah yang tak masuk substansi persoalan tak perlu dilakukan.
“Justru nanti akan memperkeruh persoalan. Bahkan, permasalahan akan bergeser dari internal keluarga menjadi pemkot dengan keraton,” katanya.

Pihaknya menyarankan seluruh pihak bisa menahan diri dan kembali duduk bersama membahas persoalan yang ada di keraton.

“Upaya pendekatan secara emosional, saya rasa yang diperlukan. Kalau keraton mau menyelesaikan secara internal ya silakan,” ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya