Tutup Iklan

KONFLIK KERATON SOLO : Dewan Adat Kudeta Raja PB XIII

KONFLIK KERATON SOLO : Dewan Adat Kudeta Raja PB XIII

SOLOPOS.COM - Para pendukung PB XIII Hangabehi yang mengatasnamakan warga Baluwarti berusaha mendobrak pintu Narendran yang telah dikuasai oleh pihak pro Dewan Adat, Senin (26/8/2013). (Sunaryo HB/JIBI/Solopos)

Solopos.com, SOLO – Raja Keraton Solo, PB XIII dikudeta oleh Dewan Adat. Dewan Adat menilai kondisi Keraton Solo kacau. Atas kondisi tersebut, Lembaga Dewan Adat mengambil alih tugas dan tanggungjawab Raja Keraton Solo, Paku Buwono (PB) XIII Hangabehi.

“Kami sudah melakukan rapat internal dengan para kerabat dan sentana dalem, yang intinnya mengambil alih tugas dan tanggungjawab Sinuhun. Rapat itu diadakan kemarin dihadiri 70-an orang,” kata Ketua Eksekutif Lembaga Hukum Keraton Solo, K.P. Eddy Wirabhumi, saat berada di Sasana Narendra, Senin (26/8/2013).

Eddy mengatakan selama ini kerabat Keraton Solo sudah berusaha keras memerjuangkan Hangabehi menjadi Raja Keraton Solo. Namun perjuangan itu seolah tiada artinya dengan kemelut internal Keraton berkepanjangan.

“Tiga sampai empat tahun lalu, Sinuhun masih baik. Namun makin hari justru menunjukkan sikap yang kurang baik, adik-adiknya dan kerabatnya seolah disingkirkan. Mau ketemu juga susah. Makanya Dewan Adat Keraton langsung mengambil alih tugas Sinuhun,” kata dia.

Menantu PB XII ini juga menerangkan, kondisi kesehatan Hangabehi tidak memungkinkan untuk mengambil keputusan. Apalagi, keputusan Raja Keraton sangat penting dalam menentukan sikap dan ketegasan dalam tindakan tertentu.

“Keputusan ini diambil secara kolektif kolegial oleh Lembaga Dewan Adat, serta berlaku hingga kondisi kesehatan Sinuhun membaik. Jadi, semua keputusan Sinuhun dinyatakan melanggar adat dan tidak sah,” jelasnya.

Berita Terkait

Berita Terkini

8 Klub Termasuk Persis Solo Ajukan Diri sebagai Tuan Rumah Liga 2

Kedelapan tim yang mengajukan tuan rumah itu adalah PSMS Medan, Sriwijaya FC, Martapura Dewa United, PSCS Cilacap, Kalteng Putra, Persiba Balikpapan, PSPS Riau, dan Persis Solo.

Tertinggi Selama Pandemi, Kasus Covid-19 Aktif Klaten Tembus 700-An Orang

Jumlah kasus positif Covid-19 aktif yang mencapai 700-an orang menjadi rekor tertinggi selama masa pandemi virus corona di Klaten.

Kreativitas 5 Zodiak Ini Dipuji Astrologi

Tahukah Anda bahwa dalam kehidupan ini ada lima zodiak dengan kreativitas yang menurut astrologi barat patut dipuji.

Muncul Klaster Pernikahan, Satgas Covid-19 Madiun Kecolongan?

Satgas Covid-19 Madiun dinilai kecolongan, karena acara resepsi pernikahan diduga tidak disiplin protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

Bang Yos Dikabarkan Wafat, Putri Sutiyoso Pastikan Itu Hoaks

Melalui akun Instagram pribadinya, Renny membantah kabar yang mengatakan bahwa ayahnya, Sutiyoso telah meninggal dunia.

Waduh, BOR Pasien Covid-19 di RSUD Wongsonegoro Semarang Penuh

Tingginya BOR RSUD Wongsonegoro karena lonjakan kasus Covid-19 baik di dalam kota maupun luar Kota Semarang.

Sopir Truk Terlibat Laka Karambol Di Parangjoro Sukoharjo Sempat Mau Kabur, Begini Kronologinya

Sopir yang terlibat laka karambol di Parangjoro, Sukoharjo, sempat hendak kabur namun berhasil ditangkap warga dan diserahkan ke polisi.

116 Lulusan Pertama SMA Pradita Dirgantara Lolos SBMPTN 2021

Mengacu pengumuman SBMPTN Senin (14/6/2021), 116 alumni SMA Pradita Dirgantara diterima di berbagai perguruan tinggi negeri di Indonesia.

Duh! Duit & Perhiasan Milik Wisatawan Lenyap Gegara Ini

Lupa mengunci mobil, wisatawan di Kulon Progo harus kehilangan sejumlah perhiasan dan uang senilai puluhan juta rupiah.

Waduh! Lonjakan Kasus Covid-19 Bikin Rumah Sakit di Solo Hampir Penuh

Tingkat keterisian bed rumah sakit Kota Solo hampir penuh menyusul melonjaknya jumlah kasus positif Covid-19 dalam dua pekan terakhir.

Pengasuh Ponpes Dilaporkan ke Polisi karena Sodomi Belasan Santri

Tersangka MS merayu para santri dengan menggunakan tablet namun dengan syarat bersedia menjadi pelampiasan nafsu bejatnya.

Piala Wali Kota Solo Siap-Siap Kehilangan Bhayangkara FC

Arema FC dan Dewa United memastikan tetap ikut serta di Piala Wali Kota meski pelaksanaan diundur