SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

JAKARTA--Raja Keraton Surakarta PB XIII Hangabehi dan KGPHPA Tedjowulan, Selasa (22/5/2012) menemui Ketua DPR Marzuki Alie di Gedung DPR, Senayan, Jakarta.

Kedatangan dua pimpinan dwi tunggal Keraton Surakarta itu bertujuan untuk menyampaikan perkembangan dari konflik kepemimpinan yang terjadi di Keraton Surakarta yang kini telah mencapai kata kesepakatan untuk berdamai dan bersatu melalui rekonsiliasi beberapa waktu lalu.

“Kedatangan kami menemui Pak Marzuki selain sebagai silaturahmi juga untuk memberitahukan bahwa Keraton Surakarta telah damai dan rukun. Kami juga meminta berbagai saran dengan beliau untuk kedepannya,” ujar KGPHPA Tejowulan seusai pertemuan.

Sementara itu, Marzuki Alie menegaskan bahwa ia menyambut baik perdamaian yang terjadi di Keraton Surakarta setelah enam tahun lebih tak kunjung mencapai kata kesepakatan.

“Saya menyambut baik rekonsiliasi yang terjadi antara kedua raja. Kini saya berharap Keraton Surakarta dapat menjadi yang terdepan untuk fokus dalam mengembangkan nilai-nilai kebudayaan,” ujar Marzuki.

Ia juga menanggapi masih adanya penolakan yang terjadi dari beberapa keluarga keraton. Ia hanya berharap hal itu dapat diselesaikan dengan musyawarah dan tentunya pemerintah dapat menjembataninya.

“Saya baca di beberapa media, masih ada penolakan, tetapi dalam jumlah yang kecil. Ada baiknya hal ini dimusyawarahkan juga dengan pemerintah setempat agar tidak ada polemik yang terjadi disana,” tegasnya.

Dalam kesempatan itu, pihak Keraton Surakarta juga mengundang Marzuki Alie untuk datang dalam acara Ulang tahun penobatan 13 Hangabehi di Keraton Surakarta, 15 Juni mendatang. “Mudah-mudahan bila tidak ada halangan saya bisa hadir ke Solo,” ucapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya