SOLOPOS.COM - Ilustrasi militer Korea Utara (JIBI/Kabar24/Dok.)

Konflik Korea masih bergejolak. Korea Utara mengancam akan membakar Korea Selatan hingga menjadi lautan api.

Solopos.com, SOLO – Negara Korea Utara (Korut) mengancam menjadikan Korea Selatan (Korsel) menjadi lautan api kecuali pegiat Korsel berhenti melepaskan selebaran propaganda melintasi perbatasan yang dijaga ketat itu.

Promosi Kisah Inspiratif Ibru, Desa BRILian Paling Inovatif dan Digitalisasi Terbaik

Peringatan itu diberikan beberapa jam setelah polisi Korsel mencegah pegiat melepaskan selebaran di tengah peningkatan ketegangan militer di semenanjung itu.

“Pasukan boneka seharusnya tidak melupakan sedetik pun seluruh Korsel bisa berubah menjadi lautan api karena penyebaran gila-gilaan selebaran itu,” kata Korut dalam pernyataan disiarkan Kantor Berita Pusat Korea (KCNA), seperti dlansir Antara.com.

Mereka menuduh para pegiat Korea Selatan menggunakan taktik serang dan lari di kawasan perbatasan untuk mengirimkan selebaran anti-Pyongyang ke Korea Utara puluhan kali lebih pada Juni, Juli, dan Agustus 2015.

Sekitar 100 petugas polisi Korsel membentuk pagar betis untuk mencegah kendaraan yang membawa sekitar 30 pegiat ke kota Paju di perbatasan di mana mereka akan melepaskan balon-balon helium membawa selebaran menuju Korea Utara.

Selebaran itu mencemooh dinasti Kim yang berkuasa dan mengecam serangan ranjau yang dituduhkan kepada Pyongyang dan melukai dua tentara patroli perbatasan Korea Selatan bulan ini.

Korsel bertekad Korut akan membayar mahal untuk serangan ini dan pekan ini telah memulai kembali –setelah selama satu dekade terhenti– penyiaran pesan-pesan propaganda ke arah Korut menggunakan pengeras suara yang dipasang di sepanjang perbatasan.

Seoul juga mengumumkan latihan militer bersama AS menggunakan persenjataan berat dan peluru hidup, tidak jauh dari perbatasan.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya