SOLOPOS.COM - Fungsionaris PDIP Jateng Bambang Wuryanto. (Insetyonoto/JIBI/Solopos)

Konferda PDIP Jateng menetapkan Bambang Wuryanto sebagai Ketua DPD PDIP Jateng.

Solopos.com, SEMARANG – Bambang Wuryanto terpilih secara musyawarah dan mufakat sebagai Ketua DPD Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Jawa Tengah periode 2015-2020.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Pria yang akrab dipanggil Bambang Pacul itu menduduki pucuk pimpinan partai berlambang banteng mocong putih pada Konferensi Daerah (Konferda) PDIP Jawa Tengah (Jateng) di Panti Marhaen, Semarang, Kamis (19/3/2015) malam.

Dalam konferda yang dibuka Ketua DPP PDIP, Efendi Simbolon, yang dihadiri 34 unsur pimpinan dewan pimpinan cabang (DPC) se-Jateng [DPC Karanganyar tak hadir], muncul tiga nama calon ketua yang mendapatkan rekomendasi dari DPP.

DPP melalui surat rekomendasi No. 6561 yang ditandatangani pelaksana tugas (Plt) Sekjen Hasto Kristiyanto dan Ketua Umum Megawati Soekarnoptri merekomendasikan tiga nama yakni Bambang Wuryanto (Ketua DPP PDIP), Heru Sudjatmoko (Ketua DPD PDIP Jateng), dan Agustina Wilujeng (Sekretaris DPD PDIP Jateng).

Sebelum dilakukan musyawarah, Heru Sudjatmoko dalam sambutannya secara tidak langsung menyatakan mengundurkan diri sebagai calon ketua umum.

“Demi demi kebersamaan dan kondusivitas serta persatuan dan kesatuan PDIP dalam menghadapi pemilihan kepala daerah [pilkada] menyerahkan kepada Bambang Wuryanto untuk memimpin DPD PDIP Jateng,” ungkap dia.

Heru yang juga Wakil Gubernur Jateng ini menegaskan kesiapannya membantu Bambang dan ditempatkan pada posisi mana pun.

”Saya tidak mutung, karena siap membantu Bambang diposisi mana pun. Saya tidak gengsi karena sebagai bentuk hormat kepada Ketua Umum DPP PDIP Megawati Soekarnoputri,” ujar Heru.

Agustina Wilujeng juga menyatakan tidak sanggup mengemban tugas menjadi ketua DPD PDIP Jateng dan mendukung Bambang Wuryanto.

”Saya sepakat dengan Pak Heru untuk memilih Pak Bambang Wuryanto menjadi Ketua DPD PDIP Jateng 2015-2020,” tandas dia.

Meski dua calon ketua telah mengundurkan diri, Wakil Sekjen DPP PDIP, Eriko Sotarduga yang memimpin sidang tetap menjalankan mekanisme pemilihan dengan meminta kepada Bambang, Heru, dan Agustina melakukan musyawarah.

”Ini rekor dunia, karena tidak sampai dua menit sudah tercapai mufakat memilih Bambang Wuryanto sebagai Ketua DPD PDIP Jateng periode 2015-2010,” kata Eriko.

Kepada wartawan Bambang Wuryanto yang sekarang masih menjabat Ketua DPP PDIP Bidang Energi dan Pertambangan menyatakan tidak merasa turun pangkat dengan menjadi Ketua DPD PDIP Jateng.

”Sebagai kader partai saya hanya menjalankan penugasan dari ketua umum. Jadi tidak merasa turun pangkat,” tandas dia.

Mengenai prioritas program kerja yang akan dilakukan, Bambang menyatakan akan tetap mempertahankan Jateng sebagai lumbung suara PDIP.

”Kami juga akan menjaga dan mempertahankan keberagaman Jateng,” kata dia.

Pada kesempatan itu, Bambang bersama tim formatur langsung menyusun kepengurusan harian DPD PDIP Jateng periode 2015-2020.

Bambang didampingi 20 wakil ketua, termasuk mantan Ketua DPD PDIP Jateng, Heru Sudjatmoko sebagai Wakil Ketua Bidang Kehormatan, Sekretaris Agustina Wilujeng, dan Bendahara Muhammad Ridwan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya