Kondisi Syafa, Bocah Penderita Kanker Tulang di Madiun Kian Parah, Keluarga Minta Doa
Syafa Syakila Hasanah, seorang bocah lima tahun dari Desa Kincang, Kecamatan Jiwan, Kabupaten Madiun yang mengalami kanker tulang, Senin (28/12/2020). (Abdul Jalil/Madiunpos.com)

Solopos.com, MADIUN -- Kondisi Syafa Syakila Hasanah, anak berusia lima tahun di Madiun yang menderita kanker tulang kini memburuk. Saat ini, kanker itu telah menjalar hingga ke otak dan kakinya.

Bocah perempuan berusia lima tahun yang menderita kanker tulang itu beralamat di RT 068/RW 012, Desa Kincang, Kecamatan Jiwan, Kabupaten Madiun. Syafa, panggilannya, menderita kanker tulang sejak Juni 2020. Awalnya, ada benjolan kecil di lengan kanan Syafa. Kondisinya semakin parah hingga benjolan itu membesar sebesar kepala.

Pendamping keluarga Syafa, Bintang Nusantara Hasyim, menceritakan kondisi Syafa semakin kritis. Syafa kini dirawat di RSUD dr. Soedono Madiun. “Informasi dari keluarga, awalnya Syafa menangis terus karena kesakitan. Kemudian Selasa [2/3/2021] malam dibawa ke RSUD dr. Soedono,” kata dia saat dihubungi Solopos.com, Rabu (3/3/2021).

Baca juga: Bikin Haru! Kakek Tukang Becak di Madiun Rawat Cucunya yang Derita Kanker Tulang

Bintang menuturkan dari penjelasan dokter yang merawat Syafa, kondisi Syafa kini semakin parah. Bahkan kanker tulang yang dideritanya sudah menjalar sampai di otak dan kaki. Syafa dibawa ke rumah sakit supaya bisa tertangani. Pihak keluarga meminta supaya Syafa diberi kekuatan.

“Keluarga meminta doa supaya ada jalan terbaik untuk Syafa,” terang Bintang yang juga Ketua Pemuda Madiun Bergerak (PMB).

Dirawat Kakek

Seperti diberitakan sebelumnya, saat ditemui pada akhir Desember 2020, Syafa hanya bisa berbaring di atas tempat tidur. Aktivitas bocah malang itu terlihat video-video di YouTube dengan posisi telentang. Kedua kaki dan tangannya terlihat sangat kurus. Hanya terlihat tulang dan kulit. Namun, di bagian lengan tangan kanannya membesar, bahkan ukurannya lebih besar dari kepalanya.

Baca juga: Waspadai Kanker Tulang Perenggut Kelincahan Si Kecil

Sedangkan kaki kirinya juga mengalami hal serupa, ada benjolan sebesar bola kasti. Syafa ini merupakan anak kedua dari pasangan Eko Agus Tohanto dan Ratna Susilowati.

Selama ini, Syafa dirawat di rumah sederhana kakeknya yang bernama Totok Sujito, 65. Saat berbincang dengan Solopos.com, Totok menceritakan cucunya itu mulai mengalami sakit pada Juni lalu. Awalnya ada benjolan kecil di bagian lengan tangan kanan Syafa.

Selanjutnya, pihak keluarga membawa Syafa ke rumah sakit di Madiun untuk mendapat perawatan. Namun, selanjutnya Syafa dirujuk ke RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta.

Baca juga: Kanker tulang tak menyurutkan niat Fariz

"Kata dokter yang merawat di RS Sardjito, Syafa terkena kanker tulang. Itu diketahui setelah pihak dokter mengambil sampel kulit," jelasnya.

Kondisi kesehatan cucunya itu semakin memburuk. Lengan tangan kanannya makin lama semakin membesar hingga kini lebih besar dari kepala si bocah.

"Saat ini, Syafa hanya bisa berbaring saja di tempat tidur. Sudah tujuh bulan tidak bisa jalan," kata Totok.



Berita Terkini Lainnya








Kolom