SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solo [SPFM],  Beberapa bangunan di Keraton Surakarta Hadiningrat kondisinya sangat memrihatinkan. Pengageng Sasono Wilopo Keraton Kasunanan Surakarta GKR Koes Murtiyah Wandasari atau yang akrab disapa Gusti Mung saat menggelar acara Workshop di Keraton Surakarta, Jumat (18/11) mengatakan, sekitar 80 persen bangunan inti yang ada di Keraton kondisinya rusak.

Menurut Gusti Mung, bangunan tersebut  meliputi kawasan Keputren, Pendapa, Paku Buwanan dan Rumah Pusaka. Dia menjelaskan, beberapa lokasi saat hujan turun bocor, sehingga untuk menyalakan lampu saja tidak berani karena ditakutkan akan terjadi arus pendek. Gusti Mung menambahkan, beberapa bangunan memang sudah tidak digunakan sejak tahun 1985 yang lalu.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Sementara itu, ntuk biaya operasional Keraton Surakarta memang mendapatkan dana bantuan, baik dari pemerintah provinsi maupun pemerintah daerah. Gusti Mung mengungkapkan,  dari Pemerintah Provinsi Keraton mendapatkan bantuan sekitar  Rp 1 milyar per tahun dan dari Pemerintah Daerah mendapatkan Rp 350 juta per tahun. [SPFM/hen]

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya