KOMUNITAS SEMARANG : 27 Mural Artist Cewek Adu Kreasi di Terowongan

KOMUNITAS SEMARANG : 27 Mural Artist Cewek Adu Kreasi di Terowongan

SOLOPOS.COM - Ilustrasi Central Java Female Jamming di Semarang. (Istimewa-Bring No Clan)

Komunitas pelukis grafiti dan mural di Semarang, Bring No Clan, menggelar acara  Central Java Female Jamming.

Solopos.com, SEMARANG – Sebanyak 27 artis mural perempuan dari berbagai daerah di Jawa Tengah (Jateng) memperlihatkan kebolehannya dalam membuat lukisan maupun grafiti di dinding terowongan Al-Azar, Tembalang, Semarang, Minggu (18/2/2018).

Acara yang diprakarsai komunitas pelukis grafiti dan mural, Bring No Clan, itu  menjadi yang kali pertama digelar di Semarang dengan melibatkan para pelukis perempuan.

“Karena namanya Central Java Female Jamming, jadi pesertanya perempuan semua. Total ada 27 mural artis maupun grafiti cewek dari berbagai komunitas di Jawa Tengah yang akan ikut serta,” ujar Ketua Panitia Central Java Female Jamming, Hanum Alfarisa Santoso, saat dihubungi Semarangpos.com, Sabtu (17/2/2018).

Perempuan yang akrab disapa Risa itu berharap acara ini bisa menjadi wadah para seniman jalan, khususnya mural artist dan pelukis grafiti dari kalangan perempuan di Semarang untuk menyalurkan bakatnya.

“Harapan kami dengan acara ini akan semakin bermunculan mural artist dari kalangan perempuan. Soalnya, saat ini mural artist perempuan di Semarang sangat sedikit,” terang mahasiswi Universitas PGRI Semarang itu.

Selain untuk memotivasi munculnya artis mural perempuan, Risa juga berharap event ini bisa membuat street art atau seni jalanan di Kota Semarang lebih dihargai. Apalagi, selama ini mural maupun grafiti kerap mendapat stigma dari masyarakan karena dianggap bagian dari vandalisme.

“Tentunya dengan event ini dunia street art grafiti maupun mural di Jateng bisa semakin dihargai masyarakat. Bukan tak mungkin, event ini akan menjadi contoh buat seniman mural di kota lain,” ujar Risa.

Risa menambahkan pada event Central Java Female Jamming itu, para peserta membuat mural maupun grafiti di dinding terowongan sepanjang 30 meter. Mural maupun grafiti itu tidak hanya dibuat di satu sisi namun kedua sisi terowongan.

Berita Terkait

Berita Terkini

BTS Jadi Bintang Tamu di "Friends: The Reunion," Begini Respons Penggemar

BTS jadi bintang tamu di Friends: The Reunion.

Mantap! TSTJ Solo Zoo Siapkan Wahana Makan Durian di Tepi Danau

Pengelola Taman Satwa Taru Jurug (TSTJ) atau Solo Zoo menyiapkan wahana baru makan durian di pinggir danau untuk menarik pengunjung pada Libur Lebaran 2021.

Korban Perahu Wisata Terbalik di Waduk Kedungombo Boyolali: 5 dari Juwangi, 4 Grobogan

Sebanyak sembilan orang menjadi korban kecelakaan perahu wisata terbalik di Waduk Kedungombo, Boyolali, Sabtu (15/5/2021).

H+2 Lebaran, 11.700 Kendaraan ke Jateng Dipaksa Putar Balik

Sebanyak 11.700 kendaraan dari wilayah Jawa Barat (Jabar) yang menuju Jawa Tengah (Jateng) harus putar balik  pada H+2 Lebaran, Sabtu (15/5/2021).

Patroli Objek Wisata Air Klaten, Polisi Tak Temukan Pelanggaran Protokol Kesehatan

Pengelola objek wisata air Klaten juga sudah menyiapkan alat pengeras suara untuk mengimbau ke seluruh pengunjung.

Arus Turun Wisatawan dari Tawangmangu dan Ngargoyoso Lancar

Arus turun kendaraan wisatawan dari Ngargoyoso dan Tawangmangu, Karanganyar terpantau lancar Sabtu (15/5/2021) sore.

Mas Abby Eks Napi Teroris Yang Kini Mahir Meracik Siomay, Jualan di Sukoharjo

Kristianto alias Mas Abby mantan anggota Jamaah Ansharut Daulah (JAD) Malang kini berjualan siomay di sekitar kediamannya di wilayah Sukoharjo.

Lalu Lintas Wonogiri Ramai, Mayoritas Keluar Kota

Lalu lintas di jalan raya Wonogiri pada H+2 Lebaran, Sabtu (15/5/2021) terpantau masih ramai, tetapi lancar. Kebanyakan kendaraan keluar dari Wonogiri.

649 Kendaraan Berpelat Nomor Luar Daerah Terpaksa Putar Balik di Prambanan

Sebanyak 649 kendaraan roda empat berpelat luar daerah harus putar balik selama berlangsung penyekatan pemudik arus balik di Prambanan, Klaten.

Wisatawan Luar Jateng yang Mencoba Masuk Lewat Karanganyar Terus Bertambah

Wisatawan dari luar Jawa Tengah yang mencoba masuk ke Karanganyar, Jateng semakin banyak pada H+2 Lebaran atau Sabtu (15/5/2021).

Overload! Perahu Wisata yang Terbalik di Waduk Kedungombo Boyolali Maksimal Angkut 12 Penumpang

Perahu wisata yang terbalik di Waduk Kedungombo, Boyolali, Sabtu (15/5/2021) kelebihan muatan karena maksimal mengangkut 12 penumpang.

Penting! Lakukan Ini Jika Alami Musibah Kapal Tenggelam

Ada sejumlah hal dilakukan saat alami musibah kapal tenggelam.