SOLOPOS.COM - Komunitas Ngisor Kecacil (JIBI/SOLOPOS/Dok)

Komunitas Ngisor Kecacil (JIBI/SOLOPOS/Dok)

Sukses mengembangkan seni lukis dan Teater Nol, Komunitas Ngisor Kecacil yang berdiri sejak 12 tahun lalu bersiap untuk mengembangkan kesenian baru, yaitu musik akustik.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Ketua Komunitas Ngisor Kecacil, Yani Mardiyanto, Kamis (13/9/2012), mengatakan peluang mengembangkan musik akustik di wilayahnya cukup tinggi.

“Pemuda di sini [Petoran] kelihatannya cukup antusias dengan musik akustik. Dan kami bisa mengembangkan itu,” ucapnya saat berbincang dengan Solopos.com, di kediamannya, Kamis.

Sebelumnya, komunitas yang konsentrasi terhadap budaya tradisi ini hanya fokus pada seni lukis dan teater kampung mereka yang biasa dikenal dengan Teater Nol dan musik modern. Teater nol sukses melakukan pentas hingga 22 kali di dalam dan luar kota.

Sementara, kesenian melukis yang mereka geluti sejak 11 bulan lalu itu mendapat respon positif dari masyarakat di luar maupun dalam negeri. Seni lukis yang mereka goreskan di atas kain tersebut dilirik sejumlah pembeli.
Akhirnya, seni lukis yang awalnya hanya berfungsi sebagai pengembangan budaya, bergeser pada fungsi ekonomi.
Seperti ulang tahun sebelumnya, pada usia ke-12 ini, Kecacil kembali mengambil tema untuk mengembangkan budaya disiplin.

Pasalnya, Yani, menilai kemerosotan disiplin di kalangan masyarakat bisa menghambat kemajuan bangsa. Termasuk nilai kebudayaan.

Ulang tahun Komunitas Ngisor Kecacil, di rayakan di sekitar Pasar Triwindu Ngarsopuro, Rabu (12/9/2012), siang hingga malam. Tiga persembahan berupa hasil karya seni lukis, permainan musik akustik dan pementasan teater nol disajikan untuk para pengunjung. Acara tahunan ini juga dihadiri komunitas lain di Solo seperti Komunitas Sriwedari dan komunitas musik akustik sound egg Institus Seni Indonesia (ISI) dan salah satu sutradara pementasan, Udin UPW.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya