SOLOPOS.COM - Assisten Perekonomian dan Pembangunan Iwan Sutiarso bersama Kepala Dinas Perdagangan Koperasi Usaha Kecil dan Menengah, Kabupaten Magelang Basirul Hakim menunjukkan produk UMKM setempat (Sumber: Beritamagelang.id)

Solopos.com, MAGELANG – Dalam acara pameran UMKM perdana yang digelar di Kabupaten Magelang, komunitas Jumputan memberikan kontribusinya dalam upaya membantu para pelaku UMKM dalam mempromosikan produk

Mengutip dari situs Beritamagelang.id, Minggu (20/6/2021), Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Kabupaten Magelang Iwan Sutiarso, mengatakan rekan-rekan dari komunitas Jumputan dapat  mengangkat produk-produk lokal Kabupaten Magelang.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Pernyataan ini disampaikan saat membuka acara pameran UMKM di Atrium Artos Mall. Ketua Panitia HUT-I Jumputan, Woro Isti Palupi, menambahkan kehadiran tim Jumputan sangat berperan bagi pelaku UMKM karena hasil karyanya bisa digunakan untuk mempromosikan produk UMKM.

Ekspedisi Mudik 2024

Baca Juga : Uposotha Mandala Puja, Ritual Perenungan Diri Umat Buddha

Melansir dari Antaranews.com, Jumputan adalah singkatan dari Jumat Motret Produk Gratisan yang merupakan sebuah komunitas dengan keahlihan fotografi untuk membantu mempromosikan produk-produk UMKM dengan visualisasi gambar yang menarik.

Perwakilan komunitas Jumputan foto bersama Bupati Magelang Zaenal Arifin usai beraudiensi. (ANTARA/HO - Bagian Prokompim Kab Magelang)
Perwakilan komunitas Jumputan berfoto bersama Bupati Magelang Zaenal Arifin usai beraudiensi. (Sumber: ANTARA)

Penggagas Jumputan, Desi Ria Listyowaty, mengaku senang karena hasil  gambarnya bisa memberi manfaat untuk para pelaku UMKM. Selama  satu tahun, sudah lebih dari 200 produk UMKM yang difoto.

Selama membantu para pelaku UMKM, penggiat Jumputan ini juga memberikan pelatihan fotografi kepada para pelaku UMKM sehingga dapat dengan mandiri memasarkan  produknya secara professional dan tidak asal-asalan dalam mengambil gambar produknya.

Baca Juga : Gas! Rute ke Gunung Telomoyo Magelang Pacu Adrenalin

Sebelumnya diberitakan bahwa komunitas Jumputan berkomitmen untuk membantu para pelaku UMKM di Kabupaten Magelang melalui visualisasi produk. Desi mengatakan bahwa dirinya dan rekan-rekan dalam komunitas Jumputan hadir sejak masa  pandemi untuk berikan kontribusinya dalam pembagunan ekonomi, melalui pemberdayaan UMKM.

Menurut dia, banyak sekali permasalahan yang diterima oleh komunitas Jumputan di kalangan pelaku UMKM dalam memasarkan produknyua karena harus beralih dari cara konvensional menjadi cara daring. Desi berharap bahwa komunitasnya bisa bersinergi dengan Pemkab Magelang, terutama para pelaku UMKM di Magelang bisa memanfaatkan jasa komunitas tersebut secara  gratis.

Pameran UMKM ini merupakan hasil inisiatif dari komunitas pelaku UMKM yang sudah rindu mengadakan pameran dan tentunya dalam penyelenggaraannya tetap menerapkan protokol kesehatan ketat. Dalam acara pembukaan pameran,  hadir pula Kepala Dinas Perdagangan Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Kabupaten Magelang, Basirul Hakim dan Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Magelang, Catur Budi Fajar Sumarno.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya