SOLOPOS.COM - Komunitas pesepeda nusantara membacakan deklarasi usulan Hari Bersepeda Nasional yang ditujukan kepada Presiden Jokowi, Minggu (19/11/2017), di Stadion Taruna, Sragen. (Kurniawan/JIBI/Solopos)

Komunitas mengusulkan penetapan Hari Bersepeda Nasional.

Solopos.com, SRAGEN — Masyarakat Bersepeda Indonesia mendeklarasikan usulan penetapan Hari Bersepeda Nasional kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Stadion Taruna Sragen, Minggu (19/11/2017).

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Deklarasi dibacakan oleh perwakilan Masyarakat Bersepeda Indonesia, Aditya Iman Satriya, penggemar olahraga bersepeda asal Jakarta. Pembacaan deklarasi diikuti puluhan anggota berbagai komunitas gowes atau bersepeda di Tanah Air.

Ekspedisi Mudik 2024

Saat diwawancarai, Aditya mengatakan pihaknya sebatas mengusulkan penetapan Hari Bersepeda Nasional, tidak menentukan tanggal Hari Bersepeda Nasional. Usulan itu mendasarkan fenomena bersepeda adalah budaya bangsa.

Kegiatan bersepeda harus dikembangkan dan dimasyarakatkan. Sebab olahraga bersepeda relatif murah, menarik, menyehatkan, dan dapat mempererat persaudaraan. “Hari Bersepeda Nasional kami lebih senang pada 23 Desember,” tutur dia.

Aditya menerangkan penetapan Hari Bersepeda Nasional bisa menjadi momentum untuk meningkatkan derajat kesehatan dan kebugaran masyarakat. Melalui penetapan Hari Bersepeda Nasional diharapkan turut membangun karakter bangsa.

Masyarakat Bersepeda Indonesia, menurut Aditya, juga menyerukan kepada seluruh pesepeda Indonesia dan para pemangku kepentingan bersepeda, agar mendukung secara nyata penetapan Hari Bersepeda Nasional dalam waktu dekat ini.

Kongkretnya dengan membuat kebijakan atau program nyata pemasyarakatan olah raga bersepeda. “Dukungan ini bisa berupa regulasi, maupun komitmen menyediakan infrastruktur bersepeda yang memadai di wilayahnya,” sambung dia.

Sedangkan Ketua DPRD Sragen, Bambang Samekto, mengaku mendukung usulan penetapan Hari Bersepeda Nasional. Politikus PDIP tersebut juga mendukung rencana Pemkab mewajibkan pegawainya bersepeda saat ke kantor.

“Saya selalu mendukung sesuatu yang positif. Dengan rajin bersepeda badan kita jadi sehat dan bugar. Pikiran pun jadi fresh. Saya juga berencana mengajak rekan-rekan legislator Sragen untuk bersepeda saat berangkat ke kantor,” ujar dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya