SOLOPOS.COM - Sejumlah warga menghadiri hajatan yang diselenggarakan salah satu warga di Kabupaten Karanganyar. Komenka berkomitmen menaati protokol kesehatan saat menyelenggarakan hajatan. (Istimewa-Dokumentasi Komenka)

Solopos.com, KARANGANYAR--Komunitas Entertainment Karanganyar (Komenka) gencar menyosialisasikan protokol kesehatan saat menyelenggarakan hajatan selama pandemi Covid-19.

Sekretaris Komenka, Laras Sukardi, mengapresiasi langkah Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karanganyar mengizinkan penyelenggaraan hajatan di Karanganyar selama pandemi Covid-19. Dia menilai kebijakan itu menyelamatkan warga Karanganyar yang mengandalkan penghasilan dari penyelenggaraan hajatan, seperti persewaan sound system, tenda, peralatan dan aksesori pernikahan, orkes melayu maupun kelompok musik.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Karanganyar Zona Merah, Guru Jangan Beri Tugas Banyak saat PJJ

"Itu berita gembira buat pelaku entertainment. Kabupaten Karanganyar mengizinkan penyelenggaraan hajatan sejak pertengahan Juli lalu. Kami bersyukur hingga kini berjalan lancar dan aman," kata Laras saat berbincang dengan Solopos.com melalui pesan aplikasi WhatsApp, Minggu (23/8/2020).

Laras mengklaim seluruh anggota Komenka tertib melaksanakan protokol kesehatan saat menerima pesanan membantu warga menyelenggarakan acara pernikahan. Bentuk komitmen Komenka yakni menyiapkan thermometer gun, hand sanitizer, sabun dan tempat cuci tangan, dan menata kursi berjarak satu meter di lokasi resepsi pernikahan.

Cegah Kerumunan, Berkas Pengajuan Bantuan Rp2,4 Juta Karanganyar Tak Dicek dan Langsung Dikumpulkan

"Kami juga memasang spanduk berisi imbauan protokol kesehatan di tempat hajatan. Kami siapkan juga tempat cuci tangan dan sabun. Ada juga hand sanitizer dan thermometer gun. Kami juga mengingatkan tamu undangan mengenakan masker dan menjaga jarak," jelas dia.

Laras mengklaim warga Karanganyar mulai berani menyelenggarakan hajatan. Tetapi, dengan catatan selalu memerhatikan dan menaati aturan pemerintah tentang protokol kesehatan.

Boy William Tanyakan Kans Ganjar Pranowo Nyapres, Ini Jawabannya…

"Semua pelaku entertainment ikut serta memberi pemahaman kepada warga Karanganyar agar menggelar hajatan dengan menaati protokol kesehatan."

Sebelumnya, Bupati Karanganyar Juliyatmono mempersilakan masyarakat menyelenggarakan hajatan dan menyisipkan pertunjukan sebagai hiburan saat hajatan. "Saya kira juga tidak terlalu, artinya silakan boleh. Kalau dia [pemain musik dan penyanyi] berdiam dengan jumlah terbatas. Dua hingga empat orang, jaga jarak dengan durasi waktu yang tidak lama. Jadi pas resepsinya itu kami maklumi," ujar Juliyatmono.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya