SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

JAKARTA — Pemerintah Indonesia akan mendorong terwujudnya  komunitas Asean di tahun 2015, menyusul keyakinan bakal  makin terbuka  potensi yang  bisa digarap  kalangan pebisnis  dalam negeri di wilayah tersebut.

Staf  Khusus Presiden bidang  Ekonomi  Firmanzah mengatakan   harapan tersebut seiring dengan menguatkan kondisi ekonomi di Indonesia, dan makin bertambahnya perusahaan dalam negeri yang  menggarap pasar di kawasan regional.

Promosi BI Rate Naik, BRI Tetap Optimistis Penyaluran Kredit Tumbuh Double Digit

“Seiring dengan menguatnya ekonomi Indonesia, dan banyak perusahaan Indonesia  yang go regional,” kata Firmanzah  yang dihubungi melalui telepon genggamnya, Jumat (16/11/2012).

Firmanzah mengatakan  kawasan negara  yang ada di Asia Tenggara menjadi potensi baru bagi  Indonesia.

Dia mengatakan di sisa waktu yang ada, tentunya masing- masing negara mempersiapkan diri untuk  bersama berada dalam komunitas Asean 2015.

“Asean market potensi baru bagi Indonesia. Itu menjadi potensi peluang kita,” kata Firmanzah.

Di samping terus  mempersiapkan  segala sesuatunya menyongsong komunitas Asean di 2015, tambahnya, pemerintah juga bersikap membuka diri bagi kalangan pengusaha, dan melakukan diplomasi domestik.

Upaya penguatan di masing-masing negara di Asean, ujarnya, juga akan menjadi salah satu bahasan saat   digelarnya Konferensi Tingkat Tinggi  Asean  yang aka dilakukan pada 18-19 November 2012 di Phnom Penh, Kamboja.

“Masing-masing  negara akan sampaikan [dan] membahas [upaya] penguatan,” kata Firmanzah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya