SOLOPOS.COM - Komputer Rspberry Rp68.000 (Engadget)

Komputer terbaru Raspberry Pi Zero sebanyak 20.000 unit habis terjual hanya dalam sehari peluncuran.

Solopos.com, SOLO — Penjualan komputer terbaru Raspberry Pi Zero laris manis satu hari setelah peluncuran. Komputer mini itu telah dijual 20.000 unit, termasuk Raspi Zero yang menjadi bonus majalah MagPi.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Sebenarnya penjualan komputer terbaru Raspberry sebanyak 20.000 unit sudah diduga sebelumnya. Komputer mini itu dijual US$5 atau Rp68.790. Spesifikasinya juga tka berbeda jauh dengan Raspberry Pi generasi awal yang dijual US$25 atau Rp343.950.

Menurut pendiri Raspberry Pi, Eben Upton, penjualan komputer terbaru Raspberry sebanyak 20.000 unit memang mengejutkan. Mereka telah menjual 20.000 unit dan ada 10.000 unit yang disematkan di majalah MagPi.

“Saat ini sepertinya kami sudah menjual komputer terbaru Raspberry Pi Zero sebanyak 20.000 unit dan sekitar 10.000 unit yang disertakan di majalah MagPi. Mungkin anda menganggap kami sudah terbiasa dengan hal ini, namun kami masih selalu kaget dengan minat orang terhadap produk baru Raspberry Pi,” ujar Eben, dikutip dari Wired, Minggu (29/11/2015).

Tingginya minat pembeli komputer Raspi Zero juga dimanfaatkan oleh sejumlah pihak, dengan menjual majalah MagPi di eBay. Saat ini, tawaran tertinggi untuk majalah dengan bonus Raspi Zero tersebut berada di angka 31 poundsterling atau Rp. Majalah tersebut sebenarnya dijual dengan harga 6 poundsterling atau Rp124.082.

Komputer terbaru Raspberry Pi Zero memiliki spesifikasi tinggi. Komputer mini itu dibekali prosesor dengan kecepatan 1 GHz, RAM 512 MB, slot microSD, port mini HDMI, dan dua port micro USB.

Ya spesifikasi itu memang cukup lengkap mengingat komputer terbaru Raspberry Pi Zero berukuran mini. Meski begitu mini komputer itu bisa bersaing dengan komputer lain dengan spesifikasi sama.

SoC BCM2835 ARM11 core 1 GHz memang sama seperti Raspberry P1 generasi awal. Tapi kecepatan yang ditawarkannya di komputer terbaru Raspberry Pi Zero berbeda dan jauh lebih cepat.

Komputer terbaru Raspberry Pi Zero juga diperkuat dengan 40 pin GPIO sama seperti yang ada di Raspberry P1 A+, B+, dan 2B dengan tambahan colokan RCA composite video out.

Komputer terbaru berukuran mini Raspberry Pi Zero menggunakan operating system (OS) Raspbian dengan berbagai aplikasi pendukung di antaranya Scratch, Minecraft, dan Sonic Pi.

Raspberry Pi Zero memang berukuran mini yakni  65 mm x 30 mm x 5 mm. Meksi mini dan murah kemampuan komputer terbaru tersebut tetap hebat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya