SOLOPOS.COM - Komputer jadul Apple. (Istimewa)

Komputer pertama yang dirakit Apple dibeli oleh Glenn dan Shannon Dellimore seharga Rp10,6 miliar.

Solopos.com, CUPERTINO – Salah satu komputer yang awal dibangun Apple baru saja terjual dengan angka fantastis, yakni US$815 ribu atau setara Rp10,6 miliar. Pembeli dari komputer itu adalah Glenn dan Shannon Dellimore.

Promosi Uniknya Piala Asia 1964: Israel Juara lalu Didepak Keluar dari AFC

Dellimore merupakan pendiri dari produk kecantikan Glamglow. Ia mendapatkan model komputer Apple yang dibangun pada 1976 di lelang online. Dellimore menang setelah penawar sebelumnya berada pada angka US$1 juta, sesuai dengan kisaran ahli sejarah.

Dalam wawancaranya dengan Fortune sebelumnya, sejarawan Apple dan ahli Apple I Corey Cohen mengatakan bahwa mereka dengan bantuan Steve Wozniak serta Daniel Kottke mampu meniti kembali tanggal pembuatan komputer pertama itu, yakni pada musim panas 1976. Komputer itu merupakan salah satu mesin Apple I pertama yang diproduksi. Mereka menemukan tulisan tangan Kottke di kaset tape yang berjalan di OS komputer tersebut.

Mengingat Kottke bekerja di Apple selama 1976 saat liburan musim panas perkualiahannya, mereka menyadari bahwa komputer itu adalah salah satu yang tertua. Cohen percaya ada sekira 60-70 komputer Apple I yang masih ada hingga saat ini dan sisanya adalah replika untuk membantu para sejarawan Apple.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya