SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Jakarta [SPFM], Komposisi anggota Badan Kehormatan (BK) DPR, DPD, dan DPRD yang hanya terdiri dari anggota legislatif itu sendiri dinilai tidak tepat. Laica Marzuki, Kamis (15/12) mengatakan tanpa diisi perwakilan masyarakat luar lembaga penegak citra anggota Dewan tersebut sama saja mengusir rakyat dari rumahnya. Hal tersebut disampaikan Laica saat menjadi ahli dalam sidang uji materi UU Nomor 27/2009 tentang MPR, DPR, DPD dan DPRD, di gedung MK.

Mantan hakim konstitusi ini mengatakan hubungan antara anggota DPR adalah mandataris. Karenanya representasi rakyat atau civil society perlu masuk dalam BK DPR. J Kristiadi yang juga menjadi ahli dari pihak termohon mengingatkan bahayanya kekuasaan tanpa diikuti perimbangan kekuasaan lain. Unsur dari masyarakat luar dinilai sebagai pengimbang kekuasaan BK DPR yang dominan soal penegakan kode etik wakil rakyat. [dtc/ard]

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Ekspedisi Mudik 2024
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya