SOLOPOS.COM - Launching All New Honda Beat di Solo, Sabtu (17/1/2015). (Sunaryo Haryo Bayu/JIBI/Solopos)

Komponen motor berupa drive belt, ban, rem dan kopling mudah rusak di motor matic.

 
Harianjogja.com, JAKARTA — Banyak model skutik yang menajdi incaran para bikers. Mulai dari yang retro sampai yang sporty sekalipun.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Mengendarai motor matik juga banyak keuntungannya. Selain pengoperasiannya yang mudah, motor ini juga mengusung desain terkini sehingga apik secara estetika.

Namun, para bikers skutik juga harus mengetahui bahwa ada empat komponen motor matik yang rawan mengalami kerusakan. Apa saja?

1. Drive belt

Pertama adalah drive belt. Sabuk berbahan karet ini berfungsi menyalurkan putaran mesin ke roda. Cara kerjanya mirip dengan rantai, tetapi letaknya tertutup. Untuk itu, biasakan ganti drive belt sesuai anjuran pabrik.

2. Ban

Kedua adalah ban. Diameter ban skutik lebih kecil dibanding motor bebek atau sport. Oleh sebab itu, ban berputar lebih banyak, sehingga lebih cepat aus.

3. Rem

Komponen ketiga yatu rem. Karena transmisi yang digunakan berjenis otomatis, maka pengendara benar-benar mengandalkan rem untuk mengurangi laju motor. Sehingga menjadikan kampas rem lebih cepat tipis.
4. Kopling

Dan komponen terakhir adalah kopling. Meskipun mengaplikasikan transmisi otomatis, motor matik juga memakai kopling sebagai penyalur tenaga mesin. Perbedaan dengan motor lain, kopling skutik terdiri dari beberapa komponen, di antaranya mangkuk kopling, roller dan per.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya