Tutup Iklan

Komplotan Pencuri Motor Dicokok Polisi Klaten, 2 Orang Ditembak

Jajaran Polres Klaten menangkap komplotan pencuri sepeda motor asal Cawas di Gang Tawes, Bareng, Klaten Tengah, pertengahan Januari lalu.

Komplotan Pencuri Motor Dicokok Polisi Klaten, 2 Orang Ditembak

SOLOPOS.COM - Dua tersangka pencurian motor berjalan di Mapolres Klaten, Kamis (24/1/2019). (Solopos/Ponco Suseno)

Solopos.com, KLATEN — Jajaran Polres Klaten menangkap komplotan pencuri sepeda motor asal Cawas di Gang Tawes, Bareng, Klaten Tengah, pertengahan Januari lalu.

Dua dari empat anggota komplotan itu terpaksa ditembak kakinya karena berusaha melarikan diri saat ditangkap. Berdasarkan informasi yang dihimpun Solopos.com, anggota komplotan pencuri sepeda motor berasal dari Gombang, Cawas.

Keempatnya, yakni Santoso Aji alias Aji , 27, warga Gombang, Cawas; Andi Wibowo alias Kothin, 33, Gombang, Cawas; Mulyadi alias Guthuk, 30, warga Gombang, Cawas; Setiyono alias Mangmo, 27, pria kelahiran Temanggung berdomisili di Gombang, Cawas.

Dua nama yang disebut terakhir merupakan residivis kasus pencurian sepeda motor. Mulyadi menjalani hukuman 2,5 tahun penjara dan baru keluar dari Lembaga Pemasyarakatan (LP) Kedungpane, Semarang, November 2018 lalu.

Setiyono juga pernah dipenjara dua tahun di LP Kedungpane, Semarang, dan baru keluar dari September 2018 lalu. Polisi terpaksa menembak kaki kiri Setiyono dan kaki kanan Mulyadi karena saat ditangkap keduanya berusaha melarikan diri.

Sepeda motor Honda Beat warna putih biru yang dicuri para tersangka dijual kepada seorang warga di Karangdowo seharga Rp2,2 juta. Dari hasil penjualan itu, masing-masing pelaku memperoleh jatah Rp200.000.

Sisanya digunakan berkaraoke dan menggelar pesta minuman keras (miras). “Pencurian dilakukan Senin [24/12/2018] tengah malam. Mereka mencuri motor Honda Beat warna putih biru milik Yohanna yang diparkir di teras rumah mahasiswa itu di Gang Tawes, Bareng, Klaten Tengah,” kata Kasatreskrim Polres Klaten, AKP Didik Sulaiman, mewakili Kapolres Klaten, AKBP Aries Andi, saat jumpa pers di Mapolres Klaten, Kamis (24/1/2019).

AKP Didik Sulaiman mengatakan sebelum beraksi, Setiyono cs. sempat makan soto di warung tak jauh dari rumah korban, Senin (24/12/2018) malam. Saat itu lah, Setiyono melihat satu unit sepeda motor Honda Beat berpelat nomor AD 3016 AAC yang diparkir di teras rumah Yohanna dan ternyata tak dikunci setang.

“Saat pemilik masuk ke rumah [sepulang dari gereja], para pelaku beraksi. Setiyono mengambil sepeda motor. Andi Wibowo bertugas mendorong sepeda motor yang dikendarai Setiyono dengan menggunakan kakinya alias mancal. Sedangkan Santoso Aji dan Mulyadi berjaga-jaga [melihat situasi],” katanya.

AKP Didik Sulaiman mengatakan keempat tersangka saat ini mendekam di sel tahanan Mapolres Klaten. Keempat tersangka dijerat Pasal 363 Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (KUHP) tentang Pencurian dengan ancaman hukuman penjara maksimal tujuh tahun.

“Tersangka Andi Wibowo dan Santoso Aji ditangkap di Cawas. Tersangka Setiyono dan Mulyadi ditangkap di Salatiga saat bekerja sebagai buruh di sana,” katanya.

Salah satu tersangka, Mulyadi, mengaku terpaksa mencuri sepeda motor guna memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. “Saya belum berkeluarga. Sehari-hari, saya hanya bekerja sebagai seorang buruh harian lepas. Saya baru keluar dari penjara, September 2018,” katanya.

Berita Terkait

Berita Terkini

Indonesia Desak Gerakan Non Blok Dukung Kemerdekaan Palestina

Indonesia melalui Menlu Retno Marsudi dalam Pertemuan Luar Biasa Komite Gerakan Non Blok atau GNB meminta dukungan kemerdekaan Palestina.

Tenda Darurat di RSUD Tugurejo Diisi Pasien Berpenyakit Penyerta

RSUD Tugurejo Semarang terpaksa mendirikan tenda darurat untuk merawat pasien Covid-19 yang membeludak sehingga tak tertampung.

Sering Bersin Ciri Penerima Vaksin Kena Covid-19

Seseorang yang sudah mendapatkan vaksinasi Covid-19 masih harus tetap menghindari virus corona pemicu Covid-19.

Solo Bersiap Terapkan Jam Malam

Meningkatnya penularan virus corona di wilayah eks Karesidenan Surakarta membuat Pemkot Solo berencana menerapkan jam malam Covid-19.

Dompet Cekak, Mungkinkah Jakarta Disuntik Dana Sri Mulyani?

Dompet Jakarta terlampau cekak untuk menggerakkan iklim membangun sehingga harus mengharap disuntik dana dari Menkeu Sri Mulyani.

Korsel Gencarkan Vaksinasi, Jumlah Pasien Kritis Covid-19 Menurun

Korea Selatan atau Korsel menyatakan efek vaksinasi virus corona pencegah Covid-19 mulai terlihat pada penurunan jumlah pasien kritis.

Kendaraan Listrik Diramalkan Capai Puncak Penjualan 2033

Kendaraan listrik global diramalkan mencapai puncak penjualan tahun 2033 yang berarti lima tahun lebih awal daripada perkiraan sebelumnya.

Malaysia Targetkan Vaksinasi 60% Penduduk

Pemerintah Malaysia menargetkan dapat melakukan vaksinasi terhadap 60% penduduk dengan deadline akhir September 2021.

Panen Hadiah Simpedes BRI Klaten Diundi, Ini Nasabah Yang Beruntung Dapat Honda Mobilio

Bank BRI Cabang Klaten menggelar penarikan undian panen hadiah Simpedes periode II dengan hadiah utama satu unit mobil Honda Mobilio.

Kronologi Munculnya Klaster Takziah Covid-19 di Kabupaten Pasuruan

Satgas Covid-19 Kabupaten Pasuruan menemukan klaster takziah di Desa Dayurejo, Kecamatan Prigen. Ada 21 orang positif terpapar Covid-19.

Begini Perketatan Aktivitas Masyarakat Jakarta

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan kembali melakukan perketatan aktivitas masyarakat selama masa PPKM Skala Mikro.