SOLOPOS.COM - Babak perempat final Piala Dunia 2022

Solopos.com, JAKARTA—Delapan konstestan babak perempat final Piala Dunia 2022 sudah diketahui setelah babak 16 besar  ditutup dengan kemenangan besar Portugal 6-1 atas Swiss di Lusail Stadium, Lusail, Rabu (7/12/2022) dini hari WIB.

Portugal menyusul Belanda, Argentina, Prancis, Inggris, Kroasia, Brasil dan Maroko yang terlebih dulu meraih tiket ke 8 besar.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Belanda mengawali lolos ke perempat final dengan menghancurkan Amerika Serikat (AS) dengan skor 3-1 di Khalifa International Stadium, Ar-Rayyan, Sabtu (3/12) malam WIB. Tiga gol Belanda dipersembahkan oleh Memphis Depay pada menit ke-10, Daley Blind menit 45+1 dan Denzel Dumfries menit 81.  Satu-satunya gol AS dicetak oleh Haji Wright pada menit ke-76.

Baca Juga: Road to Final Piala Dunia 2022: Maroko Tantang Portugal di Perempat Final

Selanjutnya Argentina menyingkirkan Australia dengan skor 2-1 di Ahmad bin Ali Stadium Ar-Rayyan, pada Minggu (4/12) dini hari WIB. Lionel Messi memimpin Tim Tango melangkah ke perempat final Piala Dunia 2022 dengan mencetak gol pembuka pada menit ke-35.

Julian Alvares menggandakan keunggulan pada menit ke-57 memanfaatkan blunder kiper Australia, Mathew Ryan. Socceroos sempat memperkecil kekalahan lewat tembakan keras Craig Goodwin mengenai  Enzo Fernandez dan membelokkan bola ke gawang Damien Martinez. Gol itu akhirnya dianggap sebagai gol bunuh diri Fernandez.

Kemudian Prancis melangkah ke babak perempat final setelah mengalahkan Polandia 3-1 di Al Thumama Stadium Doha, Minggu Minggu (4/12) malam WIB. Gol Prancis dibuka oleh Olivier Giroud pada menit ke-44. Kylian Mbappé mencetak brace untuk Prancis pada menit ke-74 dan 90+1. Robert Lewandowski memperkecil kekalahan Polandia lewat tendangan penalti pada menit 90+6.

Baca Juga: Hasil 16 Besar Piala Dunia 2022: Ronaldo Cadangan, Portugal Babat Swiss 6-1

Inggris juga menang besar 3-0 melawan Senegal di Al Bayt Stadium Al Khor, Senin (5/12) dini hari WIB. Tiga gol Inggris dibagi rata oleh Jordan Henderson pada menit ke-38, Harry Kane menit 45+3 dan Bukayo Saka menit 57.

Juara dunia lima kali Brasil lolos ke 8 besar setelah menyingkirkan Korea Selatan (Korsel) 4-1 di Stadium 974, Doha, Qatar, Selasa (6/12) dini hari WIB. Gol kemenangan Brasil lahir dari Vinicius Junior, Neymar, Richarlison serta Lucas Paqueta di babak pertama. Korsel memperkecil ketertinggalan melalui Paik Seung-ho pada babak kedua.

Pada laga sebelumnya di Al Janoub Stadium Al Wakrah, Senin (5/12/) malam WIB, Kroasia melewati wakil Asia, Jepang 4-2 lewat adu penalti. Adu penalti harus dilakukan setelah skor sama kuat 1-1 pada waktu normal hingga tambahan waktu atau extra time.

Baca Juga: Hasil 16 Besar Piala Dunia 2022: Maroko Bantai Spanyol 3-0 Lewat Adu Penalti

Dalam drama adu penalti penjaga gawang Dominik Livakovic menjadi pahlawan Kroasia dengan mementahkan tiga tembakan Takumi Minamino, Kaoru Mitoma dan Maya Yoshida. Hanya Takuma Asano yang berhasil menaklukkan Livakovic.

Sedangkan dua pemain Kroasia berhasil melaksanakan tugas dengan baik yaitu Nikola Vlasic dan Marcelo Brozovic. Hanya Marko Livaja yang gagal sebagai algojo.

Sementara tim penuh kejutan Maroko membuat Spanyol angkat koper dari Qatar seusai memenangi drama adu penalti 3-0 di Education City Stadium Doha, Selasa (6/12) malam WIB. Laga harus diakhiri dengan adu tos-tosan setelah skor tetap sama kuat 0-0 meski sudah melewati babak tambahan waktu (extra time).

Baca Juga: Susunan Pemain Maroko vs Spanyol: Duel Formasi 4-3-3, Morata Cadangan

Spanyol harus membayar mahal tersingkir dari Piala Dunia 2022 karena seluruh algojo yang dipilih pelatih Luis Enrique gagal melaksanakan tugasnya. Dimulai dari Pablo Sarabia yang mengenai tiang gawang, Carlos Soler dan Sergio Busquets yang tembakannya lemah dan bisa dibaca kiper Maroko Yassine Bonou.

Sementara dari tiga eksekutor Maroko hanya satu yang gagal melaksanakan tugas, yaitu Badr Benoun. Tiga pemain lainnya Abdelhamid Sabiri, Hakim Ziyech dan Achraf Hakimi sukses memerdayai kiper Spanyol Unai Simon.

 

Daftar tim lolos babak perempat final Piala Dunia 2022:

1.Belanda: Mengalahkan Amerika Serikat 3-1

2.Argentina: Mengalahkan Australia 2-1

3.Prancis: Mengalahkan Polandia 3-1

4.Inggris: Mengalahkan Senegal 3-0



5.Kroasia: Mengalahkan Jepang 2-4 (1-1)

6.Brasil: Mengalahkan Korea Selatan 4-1

7.Maroko: Mengalahkan Spanyol 3-0 (0-0)

8.Portugal: Mengalahkan Swiss 6-1

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya