Kompetisi Video Belajar Jadi Cara Honda Pacu Kreativitas Pelajar Kala Pandemi
Lomba video Vaocational Video Challenge 2020. (Istimewa)

Solopos.com, SEMARANG -- Pandemi Covid-19 membuat proses belajar harus digelar secara jarak jauh atau daring. Kondisi ini pun mendorong Astra Honda Motor (AHM), selaku perusahaan sepeda motor merek Honda membuat ajang Vocational Video Challenge 2020.

Ajang ini mengajak seluruh pelajar, terutama di SMK binaan Honda untuk membuat konten video menarik terkait materi ajar yang mereka dapatkan pada kurikulum Teknik dan Bisnis Sepeda Motor (TBSM) Astra Honda.

Seleksi Vocational Video Challenge 2020 dilaksanakan secara berjenjang dimulai dari seleksi di tiap daerah di Indonesia. Sebanyak 1.203 video berhasil diproduksi dan didaftarkan ke dalam seleksi regional yang diselenggarakan mulai 1-20 Oktober 2020. Konten video belajar berdurasi sekitar 15 menit tersebut terbagi menjadi 3 tema materi, yaitu penyetelan jarak renggang valve in/out untuk motor Honda jenis skutik, penggantian brake shoe untuk Honda Revo
110, dan teknologi PGM-FI (reset ECM, TP, dan setting altitude).

Siap-Siap, Polda Jateng Gelar Operasi Zebra 14 Hari Mulai Hari Ini

Pada kompetisi video belajar ini, penilaian tidak hanya diambil berdasar konten kreativitas siswa SMK dalam mempresentasikan bahan belajar. Peserta juga ditantang menghadirkan alur cerita dan konten video yang menarik. Penilaian juga dilihat pada kualitas video baik dari segi konten maupun pengambilan gambar, penggunaan ejaan, pemilihan kata dan bahasa yang sesuai, serta memiliki unsur originalitas konten yang baik.

Saat ini, telah terpilih 81 video pemenang regional yang diunggah ke Youtube dengan tagar #VocationalVideoChallenge sebagai syarat peserta untuk dapat mengikuti seleksi nasional. Di antara 81 video itu, tiga di antaranya berasal dari Jateng. Ketiga video itu yakni buatan siswa SMK Tunas Bangsa Tawangsari, Azhar Rahmadiva, dengan tema Penyetelan Jarak Renggang Klep untuk Motor Honda Matic Series.

Lalu video dari Muhammad Fatikhatur Rizki (SMKN 1 Bangsri) dengan tema Penggantian Brake Shoe untuk Motor Revo 110 PGM-FI. Sedangkan yang ketiga merupakan milik Caca Patrio (SMK N 1 Bulakamba) dengan tema Teknologi PGM-FI : Reset ECM, TP & Setting AltitudeFI.

Belum Lama Bisa Diakses, Transaksi Online UKM Virtual Expo Jateng Rp1,68 M

Pengumuman Pemenang

GM Corporate Communication AHM, Ahmad Muhibbuddin, mengatakan pandemi Covid-19 tidak menghentikan AHM untuk terus berkreasi dalam mendampingi siswa SMK memanfaatkan waktu produktif.

“Dalam pembelajaran jarak jauh banyak sekali media pembelajaran yang memanfaatkan video untuk mempelajari materi. Kami terinspirasi untuk menantang kreativitas siswa SMK untuk dapat mengemas materi belajar dengan cara yang menarik dan menyenangkan. Kami yakin kompetisi ini akan memunculkan ide kreatif dari pelajar SMK,” ujar Muhibbuddin.

Pada tahap seleksi nasional, video peserta pemenang seleksi regional dinilai oleh tim juri untuk menentukan 3 video terbaik di masing-masing tema kompetisi yang akan diumumkan pada 25 November 2020. Juara pertama kompetisi ini berhak mendapatkan hadiah Rp3 juta, untuk juara kedua Rp2 juta, dan
juara ketiga Rp1 juta.

Kandang Ayam Milik Ketua DPRD Grobogan Terbakar, Kerugian Miliaran

Sementara itu, juara favorit berdasarkan jumlah like di Youtube berhak mendapat hadiah Rp2 juta. Video belajar para pemenang Vocational Video Challenge 2020 ini juga akan diunggah pada akun resmi YouTube Sahabat1Hati agar dapat terus digunakan dan bermanfaat bagi pelajar SMK lainnya.



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya




Kolom